Minggu, 24 April 2016

Cara Menghapus Virus Shortcut dengan CMD


Cara Menghapus Virus Shortcut dengan CMD - Virus shortcut muncul pertama kali dengan menyerang dan menginjeksi komputer baik di hardisk maupun flashdisk secara massal. Tidak tanggung-tanggung, banyak orang yang merasa flashdisk dan hardisk komputer mereka terjangkiti oleh virus shortcut ini. Sehingga folder-folder dan aplikasi-aplikasi penting mereka hilang dan berubah menjadi shortcut-shortcut yang mengganggu. Virus ini mampu menginfeksi file yang memiliki format DLL dan .exe pada flashdisk atau hardisk secara cepat.
Selain itu, yang namanya virus pasti bisa menular. Virus shortcut ini umumnya menular melalui perangkat flashdisk yang sebelumnya tertancap pada sebuah komputer yang terkena virus. Komputer yang paling sering terserang virus ini biasanya menggunakan windows xp, yang kemungkinan besar berada di warnet-warnet umum. Untuk windows 7 masih jarang ditemui namun tidak menutup kemungkinan bisa terserang juga.
Setelah muncul virus ini, banyak cara untuk mengatasinya, misalnya dengan menggunakan CMD. Cara menghilangkan virus shortcut dengan CMD atau lebih dikenal dengan command promt ini sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah untuk melakukannya.

Cara Menghapus Virus Shortcut dengan CMD

Nah, berikut ini simaklah cara menghapus virus shortcut dengan cmd tanpa antivirus. Sebelum melaksanakan langkah-langkah dibawah ini, pastikan flashdisk atau hardisk yang terkena virus shortcut sudah tersambung dengan usb port laptop/komputer anda.
  • Langkah pertama yakni memunculkan program Command Promt (CMD), untuk memunculkan program cmd, pertama, anda bisa Tekan Tombol Windows+R pada keyboard, kemudian ketik cmd lalu enter. Atau opsi yang kedua, anda bisa klik start - ketik cmd pada "search programs and files", kalau sudah muncul program cmd, langsung klik.
cara menghapus virus shortcut dengan cmd
Hasil Tekan Tombol Windows+R
cara menghapus virus shortcut di flashdisk
Hasil Klik Start - Ketik cmd - klik program
  • Langkah kedua, setelah muncul program cmd, ketik F:, jika flashdisk atau hardisk di disk F:. Kemudian tekan enter
  • Langkah ketiga, ketik attrib -s -h -r -a *.* /s /s kemudian tunggu beberapa detik
Nah setelah selesai, semua folder yang dihilangkan atau "hidden" oleh virus shortcut dan shortcut-shortcut folder akan dimunculkan, termasuk auto.inf. Kemudian anda tinggal menghapus virus shortcut itu secara permanen. Biasanyya biar tidak muncul lagi, hapus dengan tekah shift+delete. Selamat flashdisk atau hardisk anda terbebas dari virus yang menjengkelkan.hehehe
Demikianlah artikel mengenai cara menghapus virus shortcut dengan cmd pada flashdisk atau hardisk anda tanpa antivirus. Mungkin anda juga pernah memiliki permasalahan mengenai flashdisk yang tidak terbaca laptop (baca: cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca laptop) atau bahkan flashdisk yang tidak bisa diformat (baca : cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat). Semoga artikel di blog ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Salam IT