Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

PanduanKomputer-Laptop.Blogspot.com - Tips belajar komputer kali ini akan mengulas cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, baik itu secara manual maupun dengan software. Kehilangan file data berharga di flashdisk karena virus atau tidak sengaja terhapus memang membuat kita bingung, bagaimana cara mengembalikan file itu? Namun, anda gak perlu khawatir, anda bisa mencoba cara yang saya lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.
Cara mengembalikan file yang terhapus dengan manual dilakukan dengan menggunakan program komputer yakni cmd (salah satu program windows yakni Command Prompt) atau bisa menggunakan restore previous session. Sedangkan cara mengembalikan file yang terhapus dengan software menggunakan program PC Inspector File Recovery. Ulasan caranya akan saya jelaskan di bawah ini, jadi silahan baca dengan seksama artikel berikut ini :

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Cek Flashdisk, Apakah file terhapus karena virus atau bukan?

Sebelum melakukan pengembalian file yang terhapus, sebaiknya kita cek apakah file yang berada di flashdisk kita terhapus karena virus atau bukan. Lakukan langkah-langkah dibawah ini :
  1. Klik program Windows Explorer atau dengan tombol Windows+E ada keyboard
  2. Pilih drive dimana flashdisk kita berada, misal di drive F:namaflashdisk, kemudian klik kanan - Pilih properties. 
  3. Jika pada tab properties used spaces nya tidak 0 (nol), berarti file di dalam flashdisk hilang karena virus.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Tersembunyi dengan Hidden Files and folders

Setelah kita mengetahui flashdisk kita terkena virus atau bukan, maka langkah selanjutnya yakni mengecek file-file yang di flashdisk kita apakah tersembunyi/hilang saja. Kita bisa menggunakan tool yang sudah ada di windows yakni hidden files and folders yang ada di menu folder and search option.
  1. Masih di tampilan layar windows explorer, jika sudah keluar, tekan saja langsung tombol Windows+E pada keyboard.
  2. Klik menu Tab Organize - Pilih Folder and Search Options Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk
  3. Setelah muncul menu bar, Klik Tab View - Klik Show hidden files, folders, and drivers - Klik OK Cara Mengembalikan File Yang hilang
  4. Sekarang anda bisa melihat di flashdisk anda, file dan folder yang terhapus/hilang mungkin sudah muncul kembali, jika masih belum muncul, anda bisa mencoba cara berikutnya dibawah ini.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dengan Command Prompt (CMD)

Cara alternatif lainnya untuk mengembalikan file yang terhapus/hilang yakni dengan menggunakan CMD. Ikuti tutorialnya dibawah ini :
  1. Klik Start - Ketik di Search programs and files "cmd" (tanpa tanda petik) - Pilih Programs cmdCara Mengembalikan File Yang Terhapus dengan cmd
  2. Muncul tampilan C:\windows\system32\cmd.exe - Ketik CD.. - Kemudian enter
  3. Ketikkan alamat drive flashdisk anda berada, misal di F, maka ketik F: , hasilnya C:\Users>F: - Tekan enter
  4. Ketik ATTRIB *.* -S -H -R /S /D kemudian tekan enter,maka hasilnya sebagai berikut :Cara Mengembalikan File Yang Terhapus
  5. File dan folders anda yang tersembunyi/hilang sudah muncul kembali

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus dengan CTRL+Z

Cara cepat dan praktis untuk mengembalikan file yang terhapus dengan ctrl+z hanya butuh beberapa detik saja. Jadi, misalnya secara tidak sengaja file anda terhapus dan anda merasa kebingungan harus mencarinya dimana? Nah, biasanya file yang terhapus secara tidak permanen dengan hanya menekan tombol delete, maka file yang terhapus berada di Recycle Bin.  Cara untuk mengembalikannya, ada 2 cara cepat :
  1. Klik program Recycle Bin - Pilih files/folders yang terhapus - Klik restore this item
    Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di recycle binCara Mengembalikan File Yang Terhapus di recycle bin
  2. Cara lainnya yakni setelah file anda terhapus secara sengaja atau tidak sengaja, langsung Klik ctrl+z. Dijamin file pasti langsung kembali. Jika belum kembali, lakukan cara diatas.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen

Cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen dengan software yakni PC Inspector File Recovery. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Langkah -langkahnya sebagai berikut :

  1. Download aplikasinya terlebih dahulu disini : PC Inspector File Recovery
  2. Jika sudah di download, jalankan aplikasinya. Pilih Recovery Deleted Files - Kemudian pilih drive yang ingin di eksplorasi, misal di flashdisk, maka pilih F:namaflashdisk. - Kemudian centang warna hijau
  3. Tunggu sampai proses scanning selesai, jika file dalam status Good, maka memungkinkan untuk dikembalikan.
  4. Setelah pilih file yang ingin di restore - Klik Kanan - Save to ....
  5. Tunggu sampai proses restoring selesai
Demikianlah ulasan panduan komputer mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan berbagai cara, baik manual maupun dengan software. Jika ada cara lainnya yang lebih bagus dan cepat dalam mengembalikan file yang terhapus, silahkan berkomentar dibawah agar bisa kami bantu tambahkan di artikel ini. Tidak semua artikel ini dari penulis, banyak juga rujukannya dari internet dan pengalaman pribadi. Semoga info ini bermanfaat untuk anda yang kebingungan karena file/foldernya terhapus. Salam IT