Rabu, 20 Juli 2016

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Rusak dan Penyebabnya


Panduan tips kali ini dari saya mengenai cara memperbaiki microsd yang rusak dengan beberapa cara. Kerusakan microsd pada umumnya jarang diketahui penyebabnya oleh si pemilik. Terkadang mereka tidak menyadari, karena microsd merupakan media penyimpanan tambahan untuk smartphone atau media lainnya yang biasanya sebagai nomor 2. Biasanya penyimpanan utama pada gadget/smarthone itu sendiri, tapi kalau sudah disetting, penyimpanan data melalui microsd bisa menjadi yang utama.
Rusaknya microsd atau kartu memory secara fisik pada umumnya hampir sedikit yang mengalami, bahkan bisa dikatakan nihil. Kerusakan fisik yang dimaksud misalnya microsd patah, terkena paparan sinar matahari, atau terkena tekanan. Selain karena bentuk yang micro/kecil dan biasanya jarang di pindah-pindah (baca:dicabut dari smartphone), maka kemungkinan terjadi kerusakan seperti yang dijelaskan diatas sangat minim terjadi. Oleh karena itu, hampir semua produsen microsd mampu memberikan garansi lifetime.
Cara Memperbaiki MicroSD
Kartu memory yang rusak itu biasanya terjadi pada sistem penyimpanannya, baik itu file lagu, video, foto dan gambar-gambar yang tersimpan tidak dapat terbaca, tidak terdeteksi, atau bahkan error (baca: Memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca). Untuk memperbaiki microsd yang rusak seperti itu, kemungkinan kita yang paling utama yakni menyelamatkan data-datanya terlebih dahulu bisa 100% atau hanya sebagian saja. Tapi sebelum membahas cara memperbaikinya. Mari kita ulas apa sih penyebab microsd rusak seperti itu.

Penyebab MicroSD yang Rusak, Tidak Terbaca, atau Error

MicroSD Rusak Karena Sering Dicopot-Pasang Untuk Memindahkan Data
Pemilik microsd yang terlalu sering mencopot dan memasang atau memindah-mindah microsd untuk memindah data dapat menimbulkan kerusakan pada kartu memory. Cara mengatasinya, jika anda ingin memindahkan data dari hp ke komputer atau sebaliknya, gunakan kabel data saja. Karena hal ini bisa mengurangi resiko kerusakan pada microsd anda. Mungkin proses pemindahan data lebih lama, tapi hal ini relatif aman.
MicroSD Rusak Karena Dicabut Langsung dari HP/Komputer
Mencabut kartu memory langsung dari HP/Card Reader dapat merusak data file yang ada dan microsdnya. Hal ini biasanya yang paling banyak terjadi, mungkin karena terburu-buru atau kelupaan. Cara mengatasinya, matikan HP anda dahulu, tunggu 5-10 detik baru cabut microsd dari tempatnya, jika card reader tertancap di komputer, pastikan eject terlebih dahulu sebelum dicabut.
MicroSD Rusak Karena Terkena Cairan (Minyak/Kotoran)
Terkena kotoran/cairan bisa menghambat HP/card reader untuk mendeteksi/membaca kartu memory. Hal ini terjadi karena kuningan/lempengan pada microsd tertutupi kotoran/minyak. Usahakan memegang kartu memory dengan kondisi tangan yang bersih dan kering.
Dari berbagai penyebab diatas, anda harus pandai merawat microsd yang anda punyai. Kebanyakan pemilik microsd mengindahkan hal-hal sepele diatas, jadi saya sarankan anda untuk lebih hati-hati dalam mencabut atau membersihkan kartu memory. Namun, jika memang sudah telat dan microsd rusak, anda bisa mencoba cara-cara dibawah ini untuk memperbaiki microsd anda.

Cara Memperbaiki MicroSD yang Rusak, Error atau Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki MicroSD ke-1 : Bersihkan Lempengan Tembaga

  • Matikan HP terlebih dahulu, tunggu 5-10 detik cabut microsd dari slotnya
  • Siapkan penghapus pensil (warna putih), gosok secara searah lempengan tembaga kuningan pada microsd dengan pelan-pelan sampai bersih. Setelah digosok, jangan sampai tersentuh jari. Kemudian bersihkan juga slot micro sd pada hp/card reader
  • Setelah selesai, masukkan microsd ke slot memory di hp/card reader. Cek apakah sudah terbaca/terdeteksi di hp/komputer.
  • Jika masih belum terbaca, maka coba cara berikutnya

Cara Memperbaiki MicroSD ke-2 : Repair/Format Ulang MicroSD melalui HP

  • Posisi HP android menyala, pilih pengaturan/setting - pilih sistem - penyimpanan/storage - erase/format SD Card. Berbeda dengan HP blackberry silahkan pilih option - device - storage - Media card storage - klik bbm - pilih repair/format. Jika anda melakukan repair, maka data yang ada pada memory microsd masih ada, namun jika melakukan format maka data di microsd akan terhapus.
  • Setelah selesai silahkan cek data di media, apakah sudah terbaca atau belum. Kalau di format biasanya akan muncul kapasitas microsd anda. Jika masih belum, coba cara berikutnya

Cara Memperbaiki MicroSD ke-3 : Cek error Microsd melalui komputer

  • Siapkan HP+Kabel Data USB, kemudian nyalakan komputer/Laptop
  • Colokkan kabel data USB dari HP ke Komputer/Laptop, kemudian pilih opsi mass storage mode. Tunggu sampai PC/laptop mendeteksi microsd kita
  • Setelah terdeteksi, masuk Windows Explore - Pilih Drive yang mendeteksi microsd - Klik kanan - pilih properties - Tools - error checking - centang semua - start - tunggu sampai selesai.
cara memperbaiki microsd yang rusak
  • Eject drive hp dan microsd, jangan dicabut langsung kabel data USBnya.
  • kemudian cek melalui hp apa sudah bisa terbaca atau belum

Cara Memperbaiki MicroSD ke-4 : Format microsd melalui komputer

  • Seperti pada cara ke-3, siapkan kabel data usb+HP dan komputer/laptop
  • Kemudian colokkan kabel usb ke laptop/pc, jika microsd rusak maka akan ada pesan usb not recognized atau tidak terdeteksi. Jika tidak terdeteksi, kemungkinan microsd tidak bisa terbaca komputer, jadi gak bisa diformat. Tapi, jika microsd terbaca komputer, maka akan muncul pop up open file.
  • Jika sudah muncul, masuk windows explore - pilih drive microsd - sebelum diformat, pastikan anda sudah mencopy file yang ada didalamnya - kemudian pilih drive - klik kanan - format - pilih FAT16 - klik start - tunggu sampai proses selesai
  • Setelah selesai, kembalikan seluruh file yg dikopi ke dalam drive microsd tadi
  • Eject drive - dan cek di hp apakah sudah bisa terbaca atau belum.
Cara diatas adalah cara manual termudah yang bisa dilakukan dini jika microsd anda rusak, corrupt atau error tidak terbaca. Jika anda tidak memiliki kabel usb, anda bisa gunakan card reader atau modem yang memiliki slot microsd. Cara lainnya bisa menggunakan software yang biasa digunakan untuk mengformat flashdisk atau hardisk, tapi yang terpenting drive microsd tadi bisa terbaca komputer/laptop. Lakukan perbaikan secara mandiri, jika memang masih belum bisa, anda gunakan jasa service hp di konter terdekat.
Demikianlah panduan komputer mengenai cara memperbaiki microsd yang rusak secara manual tanpa software. Jika anda memiliki saran atau ide untuk memperbaiki kartu memory yang lebih mudah, bisa kirimkan ke komentar agar kami edit pada panduan kali ini. Terima kasih semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, salam IT