Rabu, 23 November 2016

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap


Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap - Jika anda menggeluti dunia komputer jaringan, maka anda pasti sering mendengar tentang TCP/IP, Hub, Switch, Bridge dan router. Dulu waktu zaman sekolah sering mendapat pertanyaan di buku LKS mengenai hal tersebut, salah satunya yang akan kita ulas yakni tentang router. Apa fungsi router? Jelaskan fungsi router? dan apa sih pengertian router?. Beranjak dari pertanyaan tersebut, dulu waktu sekolah banyak buku panduan yang bisa digunakan sebagai rujukan, jadi dengan mudah menjawab tentang fungsi, pengertian dan cara kerja tentang router. Nah, karena sekarang zaman sudah mulai go online, tidak salahnya saya mencoba mengulas melalui blog sederhana ini.
Router adalah suatu alat yang ibaratnya perantara, jadi si router ini berguna untuk menguhubungkan beberapa jaringan/network, baik itu jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda dari segi teknologinya karena alat yang berbeda semisal topologi bus, star, atau ring. Untuk lebih detilnya, mari simak ulasan pengertian router dan fungsinya lengkap dibawah ini.

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

pengertian router dan fungsinya lengkap
Gambar Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Pengertian Router dalam Jaringan Komputer

Pengertian router adalah suatu perangkat luar komputer atau alat yang mengirimkan paket data melalui jaringan internet menuju perangkat lain atau tujuannya menggunakan proses yang dinamakan routing.
Routing adalah proses yang terjadi saat pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan(jaringan internet protocol) dari stack protokol 7-lapis OSI.

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Fungsi router adalah menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Dalam proses penyaluran sinyal data informasi tadi, perangkat baik yang menerima atau yang mengirim harus terkoneksi dengan internet.
Fungsi utama dari router sendiri yakni sebagai pembagi atau penyalur IP address secara stastis atau memakai DHCP (baca juga : fungsi dhcp) kepada seluruh perangkat komputer atau laptop yang terhubung pada perangkat router tadi. Setelah fungsi dari router tadi berjalan, maka setiap komputer yang terhubung memiliki IP address yang unik sehingga dapat digunakan untuk melakukan browsing, setting LAN dan internetan.
Penggunaan router sendiri paling sering kita temui pada warnet, perkantoran, administrasi sekolah, perhotelan dan berbagai usaha atau tempat yang menggunakan fasilitas layanan internet. Teknologi router sendiri sekarang ini sudah lebih modern dan canggih dengan adanya fungsi wireless. Dengan kelebihan ini, setiap perangkat atau gadget yang mampu menangkap sinyal gelombang radio, dapat menerima gelombang radio yang dipancarkan router sehingga anda bisa langsung terhubung dengan internet.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :
  1. Router statis adalah router yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis
  2. Router dinamis adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini dinamakan routing yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data atau informasi sesuai rute perjalanan menuju host baik dari sesama network atau berbeda network. Logikanya sederhana, jika data/informasi ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tersebut. Namun, jika data/informasi ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan menghalangi data/informasi itu keluar dari network.
Dibawah ini ada ilustari cara kerja router dalam komputer jaringan
cara kerja router dalam komputer jaringan
Gambar Ilustrasi Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer
Cara Kerja Router berdasarkan gambar ilustrasi di atas :
  1. Ada 2 buah network yang terhubung dengan 1 router.
  2. Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0.
  3. Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tersebut k network lain. Sama dengan jika komputer E mengirimkan data ke komputer F dan berbagai pola dalam satu network.
  4. Namun, jika komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1)
Berdasarkan uraian penjelasan dan gambar diatas, anda pasti sudah memahami alur dari pengertian router, fungsi dan cara kerjanya. Nah, sekarang tinggal anda mencoba mempraktekkan atau memahaminya.
Demikian artikel tentang pengertian router dan fungsinya lengkap dengan model cara kerjanya. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang jaringan komputer. Ingin lebih tahu mengenai komputer jaringan? Anda bisa membaca related post artikel dibawah. Terima kasih