Rabu, 19 April 2017

Cara Mempercepat Booting Windows 8 Secepat Kilat


Cara Mempercepat Booting Windows 8 – Dalam perkembangan zaman sekarang ini, teknologi komputer khususnya operating system sudah sangat modern dan canggih. Mulai dari sistem software sampai dengan hardware sekalipun. Dari sini, dampaknya kita harus terus belajar mengikuti perkembangan teknologi komputer yang sekarang ini tak bisa dibendung perkembangannya. Kalau kita tidak mau belajar, jika terdapat masalah mengenai komputer/laptop, maka akibatnya Anda akan merogoh kocek yang cukup dalam untuk melakukan service atau reparasi komputer atau laptop anda. Namun, jika anda mau belajar, anda sendiri yang akan diuntungkan.
Booting atau bisa disebut sebagai proses pertama kali laptop dinyalakan biasanya ada yang cepat dan ada yang lambat. Beberapa laptop sudah menggunakan teknologi booting hanya beberapa detik saja seperti Asus atau Apple. Namun tidak dapat dipungkiri, saat ini semakin banyak aplikasi yang didesain oleh programer supaya bisa langsung berjalan saat laptop pertama kali dinyalakan. Hal ini tentu saja dibuat agar aplikasi tersebut bisa langsung dijalankan dengan cepat saat dibutuhkan oleh pengguna.
Namun, beberapa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang kurang handal akan mengalami lemot atau stuck pada saat booting windows. Karena laptop dipaksakan untuk menjalankan semua program apilkasi yang termasuk dalam kategori tadi (Aplikasi yang berjalan saat booting). Oleh karena itu, kita coba beberapa cara untuk mempercepat booting windows dengan menggunakan windows task manager dan setting msconfig.

Cara Mempercepat Booting Windows 8 dengan Task Manager

Kali ini percobaan cara mempercepat booting kita lakukan pada windows 8. Jadi, untuk langkah - langkah di bawah ini silahkan diikuti dengan seksama.
  1. Klik start screen windows 8 – Ketik Task Manager atau Tekan CTRL+ALT+DEL pilih Task Manager.
  2. Pada Tampilan Task Manager – Klik Tab Startup – Pada tampilan ini akan muncul program-program yang akan dijalankan oleh windows 8 saat dinyalakan pertama kali dengan statusnya enable/disable.
    Cara Mempercepat Booting Windows 8 dengan Task Manager
    Gambar 1 - Setting Startup pada Task Manager untuk mempercepat Booting
  3. Ubah status program yang tidak ingin anda jalankan ketika laptop dinyalakan pertama kali dengan klik kanan mouse – Lalu pilih enable atau disable.
  4. Klik close – Lalu restart windows 8 dan coba anda hitung atau rasakan booting windows 8 anda untuk masuk ke tampilan start screen.
Jika anda merasa masih lama atau lemot, anda bisa mencoba untuk mengurangi lagi program program yang muncul saat startup windows 8.
Dari beberapa pengalaman, aplikasi yang biasanya muncul pada saat startup mulai dari antivirus, media player, atau aplikasi – aplikasi yang memerlukan update. Oleh karena itu, anda bisa melakukan setting pada aplikasi tersebut atau langsung setting melalui task manager.
Selain cara di atas, anda juga bisa mempercepat booting windows 8 dengan setting msconfig. Cara ini juga bisa dibilang ampuh dan mudah karena kita hanya memaksimalkan kemampuan laptop sebagaimana seharusnya.

Cara Mempercepat Booting Windows 8 dengan Msconfig

Laptop yang memiliki spesifikasi yang tinggi bisa memaksimalkan kecepatan booting windows 8 dengan mengubah pengaturan yang standart dan menyesuaikan dengan kemampuan laptop. Langkah – langkahnya pun mudah anda lakukan, ikuti dengan seksama step by step di bawah ini :
  1. Tekan Win + R pada keyboard
  2. Ketik “msconfig” tanpa tanda petik
    mempercepat windows 8 dengan msconfig
    Gambar 2 - Ketik msconfig
  3. Pada Windows msconfig – Pilih Tab Boot.
    cara mempercepat windows 8 dengan msconfig
    Gambar 3 - Pilih Boot
  4. Kemudian Klik Advanced Options
  5. Kemudian tandai pada “Number of Processors” dan set ke jumlah core processor anda, dan “Maximum Memory” set ke jumlah maksimal memory anda.
    Gambar 4 - Setting boot advance options
  6. Klik OK. Kemudian restart ulang komputer anda dan rasakan perbedaannya saat windows pertama kali booting.
Dari kedua cara mempercepat booting windows 8 diatas, anda bisa melakukan salah satu atau bahkan keduanya. Lakukan step by stepnya dan yang tidak kalah penting, instal aplikasi secukupnya saja sesuai kebutuhan agar tidak terlalu memberatkan. Selain itu, Anda bisa instal aplikasi Ccleaner untuk melakukan pembersihan terhadap file temp atau history anda selama menggunakan laptop. Lakukan sebelum anda mematikan laptop, hal ini pun juga bisa meringankan beban laptop anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, dan jika ingin teman anda mengetahui info ini, silahkan share artikel ini. Terima kasih