Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Rusak

Cara menghidupkan komputer dengan benar ini perlu anda ketahui supaya tidak terjadi masalah pada saat menyalakannya. Komputer atau PC sendiri terdiri dari berbagai perangkat keras, mulai dari monitor, CPU, stabilizer, keyboard, mouse dan komponen - komponen yang berada di dalam CPU sendiri. Seluruh perangkat keras tersebut bisa bekerja dengan baik bila di supply oleh listrik. Nah, untuk menghidupkan PC anda perlu melakukannya sesuai prosedur, begitu pula jika anda akan mematikan komputer.
Prosedur untuk menghidupkan komputer ini tidak terlalu ribet, hanya saja anda perlu melakukannya secara bertahap. Bisa dibilang anda hanya perlu memastikan beberapa hal sebelum menyalakan komputer. Semisal masalah supply listrik, posisi stop kontak, kabel colokan dan sebagainya. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena nanti proses yang anda lakukan sudah benar dan minimal anda bisa menjaga komputer anda tetap awet dan tahan lama. Kenapa bisa begitu? Karena dengan menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar termasuk salah satu cara merawat komputer supaya tidak cepat rusak.
cara menghidupkan komputer dengan benar

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Rusak

Sebelum menyalakan komputer alangkah baiknya anda mengecek beberapa hal berikut ini;
  1. Stop kontak, pastikan anda nanti mencolokkan kabel pada stop kontak yang berada di dinding. Karena kabel dari stop kontak terbuat dari tembaga (jangan pakai serat tembaga) sehingga mampu mengalirkan daya listrik yang besar.
    stop kontak komputer
  2. Kabel, seluruh kabel perangkat sudah tertancap di CPU pada posisinya masing-masing. Contohnya 1:kabel power supply, 2:kabel keyboard, 3:kabel mouse, 4:kabel LAN (jika ada), 5:kabel sound, 6:kabel monitor. 
    posisi colokan kabel CPU komputer
  3. Daya listrik, kebutuhan listrik untuk menyalakan komputer terbilang cukup besar pada waktu pertama menyala. Jika daya di rumah anda 450 watt, pastikan beberapa perabot rumah sudah dimatikan atau dilepas colokannya. Kalau tidak dilakukan, maka akan terjadi peningkatan daya yang melebihi kapasitas dan akhirnya MCB akan menjadi 0 (istilah jawa : jeglek).

Cara Menyalakan Komputer Beserta Gambarnya

Setelah beberapa hal diatas sudah terpenuhi, saatnya anda menghidupkan komputer.

Langkah Langkah Menghidupkan Komputer :

  1. Colokkan kabel stavol pada stop kontak, pastikan sebelum ditancapkan ke stop kontak stavol dalam posisi off.
    colokkan stavold ke stop kontak
  2. Nyalakan stavol, tekan ON pada stavol/stabilizer lalu cek apakah indikator bergerak ke kanan atau tidak. Jika bergerak ke kanan, maka kondisi stavol normal.
    menyalakan stabilizer komputer
  3. Hidupkan monitor, tekan tombol untuk menghidupkan monitor.
    menghidupkan monitor komputer
  4. Menghidupkan CPU komputer/PC, tekan tombol power posisi lihat gambar di bawah, biasanya lampu indikator menyala. Lalu lihat pada layar monitor biasanya bios sudah berjalan dan tunggu sampai booting selesai.
    cara menghidupkan komputer
  5.  Tampilan windows sudah ada pada layar monitor dan komputer sudah bisa dipakai.
    komputer berhasil menyala
Dari langkah-langkah diatas bisa dipastikan secara prosedural sudah benar sampai dengan tampilnya windows. Jika terjadi kendala dalam proses diatas, bisa dipastikan bahwa ada perangkat keras yang rusak atau tidak berfungsi normal. Nah, jika kejadiannya seperti itu, maka anda perlu melakukan perbaikan atau servis ke teknisi.
Untuk lebih jelasnya anda bisa juga melihat video di bawah ini untuk menghidupkan komputer di kantor anda.

Cara Menghidupkan Komputer dengan Keyboard

Ada cara lain untuk menghidupkan komputer tanpa menekan tombol power yang ada di casing, yakni dengan menggunakan keyboard. Untuk menggunakan cara tersebut terlebih dahulu anda harus melakukan setting BIOS.

Langkah langkah Setting BIOS untuk Menghidupkan Komputer dengan Keyboard

  1. Masuk BIOS terlebih dahulu pada saat menyalakan komputer PC dengan menekan tombol DELETE pada keyboard.
    cara setting bios untuk menghidupkan komputer dengan keyboard
  2. Pilih Power Management Setup setelah itu akan muncul tampilan di bawah ini. 
    setting keyboard power on enable
  3. Lalu pilih PS2 Keyboard Power ON - {Enable}.
  4. Kemudian isi menu Power ON Password (Isi Password sesuai keinginan anda) menggunakan keyboard.
  5. Setelah itu save (tekan F10) dan exit (Esp) dari bios anda.
Silahkan anda coba hidupkan komputer anda dengan menekan tombol keyboard sesuai password yang telah anda isi pada BIOS.
Apabila anda telah selesai bekerja memakai PC untuk menggarap tugas, makalah, nonton film dsb. Jangan lupa nanti untuk mematikan komputer tersebut. Untuk menonaktifkan komputer anda bisa membaca artikel yang sebelumnya yakni tentang cara mematikan komputer dengan benar.
Demikian panduan artikel tentang cara menghidupkan komputer dengan benar dan dilengkapi gambar ilustrasi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan pastinya jika anda memiliki perangkat komputer atau PC rawatlah dengan baik agar awet. Salam IT.