Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Komputer No Signal dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer No Signal dan Cara Mengatasinya - Komputer no signal merupakan kondisi dimana monitor tidak mendapatkan signal dari pc. Penyebabnya pun juga beragam, bisa karena mainboard yang rusak (Baca: Cara memperbaiki motherboard), power supply (Baca: Tips memilih power supply), dan vga.

Cara Mengatasi Komputer No Signal

  1. Coba tekan tombol reset pada PC
  2. Periksa kabel vga, pastikan terpasang dengan benar
  3. Periksa komponen lainnya seperti power supply, motherboard, dan vga
  4. Cara paling mudah untuk mengecek kerusakan pada perangkat adalah dengan meminjam komputer milik teman, lalu tes satu persatu perangkat anda, jika bisa berjalan normal di komputer lain, bisa dipastikan komponen anda dalam kondisi sehat.
  5. Periksa satu persatu komponen hingga anda menemukan komponen yang bermasalah (terutama vga) yang menyebabkan no signal
  6. Jika tidak menemukan jalan keluar, coba lakukan trik ini. Lepaskan kabel power, kemudian tekan dan tahan tombol power selama 1 menit, lalu sambungkan kembali kabel power dan nyalakan komputer

komputer no signal

Karena ada banyak sekali penyebab komputer no signal, saya sangat menyarankan anda untuk rajin-rajin mencari informasi, terutama di forum-forum luar negeri, cukup ketikkan kata kunci bahasa inggris di google.