Minggu, 26 Agustus 2018

Pengertian Flowchart, Simbol, Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Pada waktu anda membuat sebuah sistem, banyak hal yang perlu anda cermati. Beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum membangun sebuah sistem yakni sebuah perancangan sistem. Perancangan sistem ini diperlukan sebagai dasar untuk membuat suatu program yang nantinya anda kerjakan. Perancangan sistem ini memerlukan penerjemah yang biasanya disebut dengan rancangan logis atau flowchart.
Apa itu pengertian flowchart? Bagaimana simbol - simbol flowchart? Apa fungsi flowchart? dan Apa saja jenis -  jenis flowchart?. Nah, disinalah akan diulas berbagai pertanyaan mengenai flowchart tersebut supaya anda orang awam atau orang yang ingin belajar merancang sebuah program mengetahui dasar dari pembuatan sebuah sistem itu.

Apa itu Access Point? Baca : Pengertian Access Point dan Fungsinya Lengkap
Pengertian Flowchart, Simbol, Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah sebuah bagan atau diagram yang menunjukkan langkah - langkah proses (intruksi) suatu program melalui simbol - simbol grafis dengan urutan tahapannya dihubungkan dengan tanda panah. Flowchart atau diagram alir ini merupakan sebuah ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah suatu rancangan sistem.
Flowchart memiliki simbol - simbol yang mempunyai arti sendiri - sendiri dalam proses membangun sistem. Sebagai analis sistem, flowchart ini dijadikan sebagai dasar untuk mengajukan sebuah program kepada programmer atau developer. Berdasarkan flowchart tersebut, programmer mampu membaca dan membuat program sesuai dengan permintaan analis sistem.

Fungsi Flowchart

Fungsi flowchart adalah digunakan untuk menganalisa, mendesain, mendokumentasikan dan memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang. Secara khusus, flowchart berfungsi untuk membantu menggambarkan situasi apa yang sedang terjadi dan yang akan terjadi dari sebuah simbol dan tanda penghubungnya. Selain itu, flowchart ini mampu memperjelas sebuah alur dari suatu sistem baik itu kekurangan atau kelebihan dari berbagai proses di dalam tahapan suatu sistem.

Simbol - Simbol Flowchart

Berikut ini adalah simbol - simbol grafis standart yang sering digunakan dalam menyusun sebuah flowchart.

1. Simbol Arus (Flow Direction Symbol)

flow direction symbol
Flow direction symbol digunakan sebagai penghubung antar simbol dalam sebuah flowchart. Dalam kategori ini ada 4 simbol yang perlu dipahami, yakni simbol flow, simbol communication link, simbol connector, simbol offline connector.

2. Simbol Proses (Processing Symbol)

processing symbol flowchart
Processing Symbol digunakan sebagai simbol yang menyatakan serangkaian proses di dalam sebuah flowchart. Dalam kategori ini ada 7 nama symbol yakni, processing, manual operation, decision, predefined process, terminal, keying operation, offline storage, manual input.

3. Simbol I/O (Input-Output)

simbol input dan output
Input/Output symbol digunakan untuk menunjukkan operasi pengolahan dalam suatu proses Input/Output di flowchart. Kategori ini terdiri dari 6 simbol yakni, input/output, punched card, disk storage, magnetic tape, document, display.

Jenis - Jenis Flowchart

Flowchart atau bagan alir atau diagram alir terdiri dari 5 jenis yang masing - masing jenis memiliki karakteristik dalam setiap penggunaannya untuk membangun sistem. Untuk lebih jelasnya silahkan baca uraian di bawah ini.

1. Flowchart Sistem (System Flowchart)

Flowchart sistem adalah bagan yang menampilkan tahapan kerja atau proses yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh dan menguraikan urutan dari setiap prosedur yang berada di dalam system. Oleh karena itu, flowchart ini disebut sebagai gambaran grafik urutan prosedur yang berkombinasi dalam membentuk suatu sistem. 

2. Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Flowchart dokumen adalah bagan yang menampilkan arus dari laporan serta formulir berikut tembusan - tembusannya dengan memakai simbol - simbol seperti pada flowchart sistem.

3. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)

Flowchart skematic adalah bagan yang menampilkan alur prosedur suatu sistem sama dengan flowchart sistem. Namun, ada perbedaan dalam penggunaan simbol - simbol dalam menggambarkan alur. Selain menggunakan simbol - simbol yang ada pada flowchart sistem, flowchart skematik juga menggunakan gambar - gambar komputer berserta peralatan lainnya guna mempermudah dalam pembacaan flowchart kepada orang yang kurang paham.

4. Flowchart Program (Program Flowchart)

Flowchart program atau diagram alir program adalah bagan yang terbuat dari derivikasi flowchart system yang isinya menjelaskan secara rinci tahapan dan langkah - langkah dari sebuah proses program.
Diagram alir ini terdiri dari 2 macam yakni diagram alir logika program dan diagram alir program komputer terinci.

5. Flowchart Proses (Process Flowchart)

Flowchart Proses adalah cara penggambaran rekayasa industrial dengan merinci dan menganalisis tahapan langkah - langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Penggunaan flowchart ini lebih efektif dipakai untuk menelusuri alur suatu laporan atau form secara prosedural.

Contoh Flowchart

Berikut ini ada contoh flowchart proses yang berhubungan dengan kerusakan lampu.
contoh flowchart proses
Contoh Flowchart Proses
Demikian artikel tentang pengertian flowchart, simbol, fungsi dan jenisnya lengkap berserta gambarnya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang sebuah perancangan sistem yang baik dan benar. Silahkan like, share dan komentar apabila tulisan ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih