Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Masalah Komputer Tidak Ada Suara

Mengatasi Masalah Komputer Tidak Ada Suara, Komputer Tidak Bersuara - Kenapa ya komputer saya tidak bisa mengeluarkan suara, padahal kabel speaker sudah terpasang dengan baik?. Apa yang harus saya lakukan agar komputer saya bisa mengeluarkan suara?. Ada banyak kondisi yang menyebabkan komputer tidak bisa mengeluarkan suara. Mulai dari masalah hardware hingga masalah software. Oleh karena itu, untuk bisa memperbaikinya, anda harus mengecek satu persatu kerusakan hingga mendapatkan jalan keluarnya. Oke, silahkan ikuti langkah di bawah ini,

Masalah Komputer Tidak Ada Suara?

komputer tidak ada suara
  1. Periksa Sound card komputer anda. Klik start => control panel => system and security => klik device manager pada menu system. Dobel klik pada menu sound, video and game controllers. Pastikan sudah ada sound card yang terinstall.
  2. Jika terdapat masalah driver pada sound card pada poin 1, silahkan klik kanan lalu pilih update driver software. Pilih salah satu cara untuk install driver, yaitu download melalui internet atau install dari komputer. Jika anda belum memiliki driver yang dibutuhkan, pilih opsi pertama.
  3. Pastikan drivier sudah terinstall, perhatikan juga settingan pada software driver. Sebagai contoh ketika menggunakan  'realtek audio manager', ketika anda menancapkan speaker ataupun headphone pada komputer, maka muncul pemberitahuan dari driver untuk menentukan jenis device yang baru saja anda pasang, pastikan anda memilih jenis device yang sesuai (misal headphone)
  4. Gunakan Troubleshooter yang disediakan oleh windows, tool ini akan membantu anda menemukan masalah yang ada pada komputer, sehingga anda dapat segera memperbaikinya. Buka link berikut untuk menggunakan tool tersebut => http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596
  5. Buka link tersebut, lalu pilih open with diagnostics troubleshooting wizard. klik ok