Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merakit Komputer PC Sesuai Kebutuhan

Tips Merakit Komputer PC Sesuai Kebutuhan - Bagi seorang pecinta IT khususnya komputer PC, merakit komputer adalah hal yang paling menyenangkan. Kenapa? karena kita bisa mengeksplore kemampuan kita dalam merakit komputer sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Selain itu, sebelum membuat komputer rakitan, anda harus jeli untuk apakah komputer itu dirakit? Berapa budget yang saya miliki?. Jadi anda harus bisa menjawab 2 pertanyaan ini sebelum merakit komputer, jika masih belum terjawab 2 pertanyaan diatas, anda akan kesulitan untuk mencari komputer yang sesuai kebutuhan anda.
Merakit komputer ibarat seperti melakukan perjalanan ke suatu tempat. Anda harus mempersiapkan untuk apa anda ketempat itu dan berapa biaya yang anda gunakan untuk ketempat itu. Jadi, jika anda tidak mempersiapkan segalanya, anda akan tersesat dan tidak sampai pada tempat yang anda inginkan. Komponen komputer memiliki banyak variasi dan berbagai merek, jadi sangat perlu untuk anda memiliki pengetahuan awal tentang komponen-komponen komputer.
Berikut ini kami paparkan mengenai tips merakit komputer PC sesuai kebutuhan anda tanpa menguras kantong dan pikiran anda.

Tips Merakit Komputer PC Sesuai Kebutuhan

Tips Merakit Komputer Office

tips merakit komputer office
Jika anda hanya menggunakan komputer PC untuk menjalankan program microsof office atau open office, anda hanya perlu merakit komputer dengan spesifikasi rendah. Selain tidak terlalu menguras budget, komputer juga akan optimal untuk bekerja saja. Untuk itu spesifikasi komponen yang perlu anda miliki sebagai berikut :

  • Prosesor : Intel Pentium 4 solo (2,4GHz)
  • VGA dan Sound card : OnBoard
  • Memori/RAM : DDRAM 512 MB

Tips Merakit Komputer Hiburan (Multimedia/Internet)

Tips Merakit Komputer multimedia
Jika anda hanya menggunakan komputer PC untuk hiburan, semisal multimedia support dan internet yang biasanya dipakai di Warnet, maka kami rekomendasikan menggunakan komputer PC dengan spesifikasi menengah/standart warnet. Selain itu, gunakan monitor berukuran 17 inchi, sound card dan speaker/headset yang bagus, bisa ditambahi dengan tv turner, modem. Untuk spesifikasi komponen utama yang diperlukan yakni:
  • Prosesor : Intel Pentium 4 (3,0 GHz)
  • VGA Card : Misal Ge-Force berkapasitas 256 MB
  • Memori/RAm : DDRAM 1024 MB

Tips Merakit Komputer Desain Grafis atau Video Editing

Tips Merakit Komputer Desain Grafis
Jika anda pecinta desain grafis atau video editing, anda memerlukan komputer PC dengan spesifikasi diatas rata-rata, jika tidak maka komputer nanti akan not responding atau komputer restart sendiri. Karena penggunaan komputer PC untuk desain dan video editting membutuhkan kejelian gambar dan tampilan grafik yang bagus. Seperti program photoshop atau camtasia/movie maker yang memerlukan spesifikasi komputer diatas rata-rata untuk menjalankannya. Minimal monitor berukuran 17 inchi LED/LCD diutamakan. Spesifikasi lainnya :
  • Prosesor : Intel Pentium 4 Core2Duo 2,0 GHz atau AMD yang setara
  • VGA Card : Ge-Force berkapasitas 512 MB DDR
  • Memori/RAM : DDRAM 2 GB
dengan spesifikasi minimal yang diperuntukkan desain dan video editing diatas, maka bisa dijamin kerja anda akan terbantukan tanpa menguras isi dompet anda.

Tips Merakit Komputer Game

Tips Merakit Komputer Game
Jika anda penggila game-game komputer, maka spesifikasi komputer PC yang diperlukan harus tinggi. Untuk mendukung tampilan dan grafik game yang terbaik, maka dibutuhkan performa VGA Card yang baik pula, minimal bisa mendukung 3D grafik. Selain itu, membutuhkan sound card dan sound speaker yang bagus pula, ditambah monitor minilam berukuran 17 inchi. Untuk spesifikasi utama komponen komputer lainnya sebagai berikut :
  • Prosesor : Minimal Intel Pentium 4 Core2Duo 2,0 GHz atau diatasnya
  • VGA Card : Ge-Force atau ATI RADEON terbaru berkapasitas minimal 512 MB
  • Memori/RAM : Minimal DDRAM 2 GB
dengan spesifikasi diatas, dan mungkin biasanya gamer akan menggunakan komputer PC dalam waktu yang cukup lama, maka disarankan melakukan penambahan pendingin pada CPU berupa kipas didalamnya agar bisa segera mengeluarkan udara panas yang berada di dalam CPU, gunakan kipas yang dilengkapi soket power. Jika tidak menggunakan kipas, maenkan game di waktu malam hari atau di taruh komputer di tempat terbuka agar angin alami bisa membantu mendinginkan CPU yang panas.

Tips Merakit Komputer untuk Server

Tips Merakit Komputer untuk Server
Jika anda ingin menggunakan komputer PC sebagai server, maka spesifikasi yang diperlukan tinggi. Selain itu, komponen yang digunakan untuk komputer harus memiliki daya tahan waktu (life time) yang relatif lama. Mengaa demikian? karena komputer server digunakan secara terus menerus selama 24 jam. Dan juga perlu dipahami, komputer server harus memiliki kestabilan dan kecepatan transfer data yang tinggi agar pelayanan anda kepada konsumen tetap terjaga. Untuk itu, spesifikasi yang optimal untuk prosesor harus memiliki cache memory yang tinggi.
  • Prosesor : Intel Pentium Xeon atau Itanium dan AMD AP yang dikenal memiliki cache yang tinggi
  • VGA : Tidak perlu spesifikasi tinggi, bisa menggunakan onboard saja
  • Hardisk : Memiliki interface SATA dengan kapasitas 200 GB keatas
  • Memori/RAM : DDRAM diatas 3 GB
  • MotherBoard : Disarankan memiliki soket dual prosesor
Nah demikianlah paparan informasi seputar tips merakit komputer PC, deskripsi spesifikasi di atas adalah standart yang umum digunakan pada setiap kebutuhan komputer PC. Jika dalam prosesnya anda membeli komponen dengan spesifikasi yang tinggi, itu terserah anda. Anda bisa mencoba panduan cara memilih spesifikasi komputer game terbaik untuk mendapatkan perbandingan spesifikasi yang sesuai untuk kebutuhan anda. Semoga info ini bisa bermanfaat untuk anda yang akan merakit komputer sendiri. Kami sarankan juga belilah komponen-komponen komputer di toko terpercaya dan memiliki garansi. Salam IT