Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Repeater dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Repeater dan Fungsinya Lengkap - Update artikel kali ini akan mengulas mengenai pengertian repeater beserta fungsinya lengkap. Dalam belajar komputer terutama masalah jaringan pasti anda akan menemui istilah repeater. Apa sih yang dimaksud dengan repeater? Secara umum, repeater adalah suatu hardware/perangkat keras yang biasanya digunakan untuk membantu akses jaringan internet.
Akses jaringan komputer biasanya membutuhkan alat ini untuk memaksimalkan penerimaan jaringan signal yang ada. Khususnya untuk daerah atau wilayah yang jangkauan internetnya jauh atau kurang memadai untuk mendapatkan signal.
pengertian repeater dan fungsinya lengkap

Pengertian Repeater dan Penjelasannya

Pengertian repeater secara istilah dapat dikaji secara bahasa, repeater berasal dari bahasa inggris "repeat" yang berarti ulangi atau pengulangan. Dalam bahasa komputer jaringan bisa diartikan pengulangan transfer data signal sehingga menghasilkan kecepatan transfer data maksimal. Alat ini tentu sangat membantu untuk daerah atau wilayah yang memiliki akses jaringan internet yang lemah. Secara khusus banyak sekali manfaat dan fungsi repeater itu sendiri. Di bawah ini akan saya coba ulas juga mengenai fungsi dan manfaat repeater berserta penjelasannya.

Fungsi Repeater dan Penjelasannya

1. Fungsi repeater untuk memperluas jangkauan sinyal internet

Repeater ini mampu meningkatkan transfer data jaringan internet sehingga menghasilkan koneksi jaringan yang maksimal dan memperluas daya jangkauan sinyal. Tanpa repeater, akses jaringan internet anda hanya dapat menjangkau beberapa wilayah saja, bahkan hanya lingkup area kecil.

2. Fungsi repeater untuk menambah dan mengoptimalkan sinyal wifi

Repeater juga berfungsi untuk menambah dan mengoptimalkan sinyal wifi dengan metode pengulangan transfer datanya. Pengulangan data ini terjadi dengan menangkap dan menambahkan sinyal ke akses jaringan internet yang terpasang ke alat ini.

3. Fungsi repeater untuk mempercepat pengiriman dan penerimaan data

Repeater ini juga mampu meningkatkan pengiriman dan penerimaan data jaringan internet. Dengan adanya alat ini, bagi yang mau download atau upload file/film bisa memperoleh kecepatan yang lancar.

4. Mengurangi penggunaan kabel jaringan

Repeater ini juga bisa digunakan sebagai alternatif penggunaan kabel jaringan yang mungkin bisa memakan biaya banyak. Bisa dibayangkan jika tiap daerah yang ingin memaksimalkan jaringan internet harus memasang kabel jaringan ber puluh-puluh meter. Namun, dengan adanya repeater dapat mengurangi dampak pemakaian kabel jaringan.

5. Fungsi repeater sebagai pengganti router jika rusak

Repeater ini juga berfungsi sebagai pengganti access point atau router, jadi jika router anda bermasalah, maka bisa gunakan alat ini sebagai pengganti fungsi access point sebuah router. Hal ini dapat mengurangi beban anda untuk membeli sebuah router untuk mengatasi masalahnya.
Repeater ini dikenal sebagai alat penguat sinyal wifi yang sekarang ini banyak dicari oleh orang-orang. Dengan repeater ini jangkauan sinyal wifi makin jauh, sinyal kuat dan stabil serta akses internet tidak mudah putus-putus sehingga nyaman untuk digunakan. Ada beragam repeater yang diproduksi oleh beberapa produsen, baik yang berbentuk box besar atau bahkan berbentuk minimalis.

Cara Menggunakan Repeater

  1. Colokkan perangkat repeater ke jaringan listrik
  2. Sambungkan ssid alat penguat sinyal wifi  ke laptop
  3. Jika sudah tersambung, maka buka browser dan ketik alamat IP yang disebutkan di manual book.
  4. Lalu login dengan user dan password “admin” sesuai petunjuk
  5. Setelah ditemukan ssid di area sekitar kemudian pilih salah satu yang hendak ditambah jarak jangkaunya.

Harga Repeater Terbaru

Harga repeater alat penguat sinyal wifi ini beragam, mulai dari 100ribuan hingga jutaan. Namun, saya coba kasih saran repeater wifi yang minimalis dan mudah digunakan.
repeater wifi murah
Spesifikasi :
  • Input Voltage Power supply unit: 100V-240V AC
  • Wireless Network Type WiFi 802.11b/g/n
  • Dimension 1 x 6 x 7 cm
  • Others Frequency range: 2.4-2.4835GHz
  • Wireless transmit power: 14 ~17 dBm (Typical)
Harga Rp 317.000
penguat sinyal wifi repeater murah
Spesifikasi :
  • Input Voltage Power supply unit: 100V-240V AC
  • Wireless Network Type WiFi 802.11b/g/n
  • Dimension 1 x 6 x 7 cm
  • Others Frequency range: 2.4-2.4835GHz
  • Wireless transmit power: 14 ~17 dBm (Typical)
Harga Rp 317.000
Untuk membeli repeater wifi minimalis kunjungi disini : Beli Repeater Wifi
Demikianlah ulasan mengenai pengerian repeater dan fungsinya lengkap dengan cara menggunakan dan beberapa model serta harganya. Gunakan repeater ini dengan bijak sehingga akan bermanfaat banyak untuk orang lain. Selain itu, hindari menggunakan repeater yang tidak berstandart nasional untuk menghindari kegagalan fungsi alat. Terima kasih