Selasa, 25 Juli 2017

Cara Mengatasi Kerusakan TV Sharp dan Penyebabnya Lengkap


Cara Mengatasi Kerusakan TV Sharp - Televisi atau TV sekarang menjadi kebutuhan utama untuk menemani hiburan dirumah. Meski sekarang ini internet terutama youtube sudah berkembang, tapi TV masih ada pangsa pasarnya yakni ibu-ibu atau bapak-bapak. Mereka yang sudah memiliki TV dari mulai hitam putih, tabung sampai LCD hingga LED masih setia menginginkan hiburan yang murah ini. Namun bagaimana jika terjadi kerusakan TV? Wah hal ini sungguh merepotkan dan kemungkinan TV anda akan menginap di tukang service.
Bicara mengenai kerusakan TV, kali ini saya share solusi mengatasi kerusakan TV khususnya TV sharp. Bagi yang memiliki TV sharp, kebanyakan masalah didapatkan dengan gejala kerusakan tv standby saja. Tidak muncul tampilan, atau bahkan suaranya. TV sharp dikenal memiliki proteksi yang bagus untuk menanggulangi penyebaran kerusakan TV. Ketika ada problem pada perangkat TV, maka secara otomatis TV hanya akan berada pada posisi standby. Proteksi ini mampu melindungi unit lain yang berada didalam ataupun diluar yang dapat mengakibatkan masalah besar semisal konsleting dan kebakaran.
Nah, untuk memperbaiki kerusakan TV sharp ini sebaiknya anda percayakan pada tukang service TV karena mereka lebih ahli dalam mengatasi masalah tersebut. Namun, tidak salahnya juga anda belajar untuk mengetahui cara memperbaiki tv sharp serta mengetahui sebab permasalahannya. Oleh karena itu, saya coba berikan informasi mengenai hal tersebut.
cara mengatasi kerusakan tv sharp
Gambar 1. Diagnosis Kerusakan TV sharp berbagai model

Cara Mengatasi Kerusakan TV Sharp dan Penyebabnya

Beberapa solusi dan penyebab di bawah ini dari berbagai model TV merk sharp.

1. TV Sharp 20W200

Kerusakan TV Sharp 20W200
Gejala yang terjadi pada TV sharp 20w200 biasanya protek lampu indikator standby kedip 7 kali. Penyebabnya dari IC memory yang rusak atau error.
Solusi : Ganti IC memory dengan yang baru atau bekas normal (sparepart TV barang bekas)

2. TV Sharp 51X220

Gejala yang terjadi pada TV sharp 51x220 biasanya layar gelap tapi suara hidup dan terdengan. Penyebabnya bisa dari tegangan listrik.
Solusi : Mengganti resistor pembatas untuk 180V R621:1 OHM

3. TV Sharp Universe

Kerusakan TV Sharp Universe
Gejala yang terjadi pada TV sharp universe mengalami protek. Penyebabnya IC memory rusak atau solderan telah retak.
Solusi : Mengganti IC memory atau melakukan solder ulang
Anda juga bisa mencoba melihat panduan dari video berikut ini untuk memperbaiki kerusakan TV sharp protek.

4. TV Sharp Universe 20U200

Gejala yang terjadi pada TV sharp universe 20u200 indikator LED berkedip-kedi merah-hijau secara terus menerus bergantian. Penyebabnya bisa dari IC memory rusak atau EEPROM tidak berfungsi dengan baik.
Solusi : Cek tengangan listrik, jika kondisi normal, maka ganti IC memory/eprom tipe 24C08

5. TV Sharp Slim

Gejala yang terjadi pada TV sharp slim gambar pada layar vertikal menggulung. Penyebabnya bisa dikarenakan deflection yoke yang terputus.
Solusi : Cek yoke dengan seksama dibagian mana yang putus, lalu sambungkan kembali, dan lihat hasilnya.

6. TV Sharp Wonder 21"

Gejala yang terjadi pada TV sharp wonder 21" indikator lampu berkedia 6 kali lalu protek. Penyebabnya bisa terjadi karena IC memori C2416 tidak berfungsi normal.
Solusi : Coba ganti IC C2416 - masuk service mode - atur vertikal line -matikan TV - Selesai. Untuk masuk service mode, lihat pada jemper.

7. TV Sharp Wonder

Kerusakan TV Sharp Wonder
Gejala yang terjadi pada TV sharp wonder ada garis warna RGB dan setelah beberapa detik kembali ke standby. Penyebabnya karena R33OHM terbakar pada posisi fuse tegangan ke IC vertikal.
Solusi : Mengganti R33OHM dan IC vertikal

8. TV Sharp Q Vision

Gejala yang terjadi pada TV sharp Q vision posisi protek indikator lampu hijau kemudian merah. Penyebabnya resistor 180K open.
Solusi : Mengganti resistor 180K yang berada pada posisi dekat ABL

9. TV Sharp 14Q25MKL

Gejala yang terjadi pada TV sharp ini kondisi mati total namun STR G5653 kondisinya masih bagus. Penyebabnya bisa karena regulator kurang bagus.
Solusi : Cek kondisi R 707 yang nilainya 470K karena biasanya rusak.

10. TV Sharp 20X20

Gejala yang terjadi pada TV sharp 20X20 layar mati total, lampu indikator di tekan nyala merah, kemudian hijau lalu merah lagi. Penyebabnya ada pada kondisi solderan yang terlepas.
Solusi : Lakukan solder ulang, kemudian reset IC EEPROM. Langkah-langkahnya kondisi TV mati, jumper J137 dengan J138. Setelah itu nyalakan TV, biarkan sesaat agar IC EEPROM mengenal kembali sampai TV menyala normal lalu matikan TV, kemudian anda bisa lepas jumper.

11. TV Sharp 14W25

Gejala yang terjadi pada TV sharp 14W25 TV menyala sebentar, lalu redup standby. Penyebabnya kondisi protek dari ABL.
Solusi : Cek kondisi R604 39K biasanya terputus, ganti atau lakukan pemulihan. Setelah itu kondisi TV normal kembali

12 TV Sharp XPression 51X200

Gejala yang terjadi pada TV sharp Xpression 51X200 kondisi suara normal, namun gambar tidak fokus. Penyebabnya bisa terjadi karena kaki fokus CRT tidak pas.
Solusi : Cek kaki fokus CRT, bersihkan plastik atau lem dari wilayah kaki fokus.

13. Kerusakan TV Sharp Alexander 21"

Kerusakan TV Sharp Alexander 21"
Gejala yang terjadi pada TV sharp alexander 21" indikator nyala sebentar, sebelum keluar gambar mati lagi. Penyebabnya regulator ada masalah TV langsung protek.
Solusi : Mengganti Fet SE 125, namun sebelumnya lakukan testing pin B+ flyback apakah drop?

14. Kerusakan TV Sharp Piccolo

Kerusakan TV Sharp Piccolo
Gejala yang terjadi pada TV sharps piccolo mati total. Penyebabnya bisa dikarenakan beberapa hal, bisa jadi regulator atau IC programnya.
Solusi : Lakukan cek pada regulator output listrik, gunakan tegangan STR standart, jika kondisi lampu standby mati, cek IC programnya. Jika terjadi kerusakan, ganti IC programnya.

15. TV Sharp 29ZF250S

Gejala yang terjadi pada TV sharp 29ZF250S gambar muncul tapi tidak sempurna secara vertikal. Penyebabnya IC vertikal tidak berfungsi normal.
Solusi : Mengganti IC vertikal

Contoh Video Memperbaiki Kerusakan TV Sharp Mati Standby


Dari berbagai model TV sharp yang mengalami kerusakan, banyak diantaranya masalah terjadi pada IC dimana biasanya IC sendiri sudah waktunya diganti lantaran TV sudah berumur atau berdebu. Nah, disini juga sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan TV untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan masalah debu dan polusi.
Oleh karena itu, di bawah ini saya berikan tips untuk merawat TV agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat TV Sharp Agar Tetap Awet / Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat TV Sharp Agar Tetap Awet
  1. Letakkan TV pada Posisi yang Tepat. Hindari meletakkan TV pada tempat yang mudah terkena debu.Debu yang menempel dan masuk kelubang sirkulasi udara TV dapat menyebabkan TV lebih cepat panas. Letakkan pada tempat dengan ketinggian sewajarnya dan memiliki sandaran belakang dengan jarak minimal 10-15cm.
  2. Hindari dari barang/alat yang mengandung magnetik seperti speaker dll karena hal itu daat mempengaruhi distorsi kualitas gambar.
  3. Hindari dari sinar matahari secara langsung
  4. Bersihkan TV dengan Benar. Jangan menunggu debu menumpuk baru dibersihkan, tapi lakukan rutinitas semisal 3 hari sekali atau seminggu 2 kali. Saat membersihkan layar, jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol, gunakan cleaning kit seperti pembersih kacamata serta lap memakai kanebo, kain flannel atau kain yang dapat menyerap cairan dengan sempurna.
  5. Jika TV sudah lama ditonton dan kondisinya sudah overheat atau kepanasan, maka dekatkanlah dengan kipas atau matikan TV sebentar kurang lebih 30 menit.
  6. Matikan TV saat Tidak Ditonton. Hal ini bisa memperpanjang umur TV, karena semakin sering ditonton, kualitas layar pun semakin menurun.
  7. Merawat remot TV sharp, gunakan baterai yang berstandart SNI, jangan memakai baterai yang tidak berlisensi karena kita tidak tahu apakah baterai itu aman atau tidak.
Demikian ulasan informasi mengenai cara mengatasi kerusakan TV sharp dan penyebabnya lengkap. Bila ada kekurangan dalam masalah solusi, silahkan berkomentar untuk sarannya. Selain itu, jangan lupa untuk merawat TV kesayangan anda. TV jadul memang memiliki banyak kenangan, sehingga memerlukan perawatan yang ekstra agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari solusi untuk memperbaiki TV sharp. Terima kasih