Senin, 14 Maret 2016

Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri


Belajar Komputer - Alhamdulillah bisa upate lagi. Oke langsung saja kita mulai artikel hari ini. Apakah anda mengalami komputer mati sendiri secara tiba-tiba tanpa peringatan sebelumnya?, jika iya, silahkan simak artikel berikut baik-baik. Komputer mati sendiri secara tiba-tiba disebabkan oleh beberapa hal, namun, yang paling sering adalah karena suhu pada kompouter yang terlalu panas, ini disebabkan power supply yang bermasalah ataupun fan yang tidak berfungsi dengan benar. Selain itu, ada penyebab-penyebab lainnya yang dapat menyebabkan komputer mati mendadak. Berikut adalah beberapa penyebab komputer mati sendiri secara tiba-tiba,

Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri

komputer mati sendiri
  1. PC Terlalu Panas
    Komputer akan mati sendiri secara tiba-tiba untuk melakukan upaya pencegahan komponen yang rusak karena terlalu panas. Cara untuk menanganinya adalah dengan mencari penyebab suhu yang terlalu panas tersebut.
    - Buka PC anda, perhatikan putaran Fan pada CPU dan PSU, pastikan tidak ada yang bermasalah
    - Pastikan tidak ada benda apapun yang menghalangi sirkulasi udara pada PC
    - Bersihkan debu-debu yang menempel pada PC
  2. Hardware Error
    Coba anda pinjam hardware pc milik teman, coba ganti satu persatu sampai menemukan masalahnya. Atau jika anda baru saja membeli hardware baru dan memasangkannya, coba untuk melepaskan terlebih dahulu untuk memastikan bukan hardware tersebut penyebabnya.
  3. Virus
    Coba gunkan antivirus yang selalu update untuk mencegah serangan virus
  4. Instal Ulang
    Jika masalah tetap muncul, coba untuk melakukan Install Ulang OS PC Anda