Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VPN, Fungsi dan Cara Kerja Lengkap

Pengertian VPN, Fungsi dan Cara Kerja - Informasi kali ini yang akan kita bahas topik tentang jaringan yakni VPN (Virtual Private Network) atau jaringan pribadi virtual. Mulai dari apa itu VPN? Fungsinya untuk apa? dan bagaimana cara kerjanya? akan kita kupas tuntas disini. VPN ini biasanya dipakai oleh perseorangan, perusahaan atau bahkan penyedia layanan jasa internet untuk memprivasi aktivitas mereka baik itu mengirim atau menerima data. Sehingga yang bisa mengakses VPN itu hanya orang-orang tertentu yang memakai VPN tersebut.
Fungsi VPN yang paling utama ada 3, yakni pertama confidentially atau kerahasiaan, kedua data intergrity atau keutuhan data, dan ketiga origin authentication atau autentikasi sumber. Dari ketiga fungsi utama tersebut akan kita bahas satu persatu dibawah. Selain mengenai fungsi vpn, ada beberapa tambahan yang nanti akan kita bahas juga mengenai cara menggunakan dan setting VPN di laptop/PC. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita pelajari untuk pembahasan yang pertama mengenai VPN.

Pengertian VPN, Fungsi dan Cara Kerja Lengkap

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

pengertian vpn adalah
VPN adalah suatu teknologi yang menghubungkan jaringan satu dengan jaringan yang lainnya secara private untuk dapat terkoneksi dengan jaringan internet (publik). VPN disebut virtual network karena memakai jaringan internet sebagai perantara untuk terhubung antar jaringan bukan secara langsung dan VPN disebut private network karena hanya digunakan oleh beberapa orang tertentu secara private (pribadi).
VPN ini menjadi solusi dari permasalahan jaringan internet (IP public) yang kurang mempunyai dukungan terhadap keamanan transmisi data. Perusahaan yang memiliki rekanan atau cabang membutuhkan security atau keamanan untuk mentransmisikan data-data penting mereka. Sehingga VPN menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan perantara dalam mengirimkan paket data pada jaringan internet (publik).

Fungsi VPN (Virtual Private Network) dalam Jaringan Internet

fungsi vpn adalah
1. Confidentially atau Kerahasiaan
Fungsi VPN yang pertama adalah kerahasiaan, jaringan internet publik sangat rawan pencurian data, baik itu secara pishing, mengirim virus dsb. Untuk menghindari hal tersebut, teknologi VPN memakai sistem kerja enkripsi dalam setiap kali melakukan transmisi data. Hasilnya data yang terkirim atau diterima dengan teknologi VPN jadi lebih aman dan terjaga kerahasiaannya. Walaupun ada yang menyadap melalui jaringan VPN itu sendiri atau diluarnya, sistem enkripsi ini mampu mengacak data sehingga data tidak bisa dibaca dengan mudah.
2. Data Integrity atau Keutuhan Data
Fungsi VPN yang kedua adalah keutuhan data, dalam melakukan transmisi data baik itu mengirim atau menerima data, paket data tersebut melalui perjalanan yang mungkin dalam perjalanan itu ada gangguan misal data hilang, rusak atau bahkan dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu. Namun, hal itu tidak perlu khawatir karena VPN memiliki teknologi yang menjaga keutuhan data informasi dari pengiriman sampai penerimaan (data integrity).
3. Origin Authentication atau Autentikasi Sumber
Fungsi VPN yang ketiga adalah Autentikasi Sumber, VPN memiliki teknologi autentikasi yang digunakan untuk memverifikasi terhadap paket data yang masuk dan mengautentikasi asal sumber pengirimnya sebelum menerima. Dengan teknologi ini, VPN menjamin paket data yang masuk kepada penerima berasal dari satu sumber yang sama.

Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

cara kerja vpn
  1. VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.
  2. VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
  3. Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan , hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.
  4. Teknologi saat ini semakin banyak mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini Virtual Private Network  juga membuka jalan untuk koneksi  Wi-Fi dan jaringan nirkabel pribadi.

Cara Menggunakan VPN di Laptop atau Komputer

Setelah memahami pengertian, fungsi dan cara kerja VPN diatas, saatnya beralih bagaimana cara menggunakan VPN? bagaimana cara setting VPN? Nah, sedikit saya ulas juga dari salah satu jasa layanan VPN di https://frootvpn.com
1. Silahkan kunjungi websitenya di : https://frootvpn.com lalu Klik Get FrootVpn.
cara menggunakan vpn di frootvpn.com
2. Selanjutnya silahkan pilih package - Isikan Email - Pilih pembayaran - Lalu Klik Upgrade Now
cara daftar vpn di frootvpn.com
3. Setelah selesai pembayaran dan verifikasi, Anda bisa mengunjungi dashboard akun anda dan memakai layanan VPN dari frootVPN.com.
4. Selanjutnya yakni setting layanan VPN di laptop/PC dengan membuat profil koneksi baru. Klik windows+R - Lalu ketik rashphone - Klik OK.
cara setting vpn di laptop
5. Kemudian muncul tampilan set up new connection - Klik Workplace network.
cara setting vpn di laptop dan pc
6. Lalu isi data internet address dan destination name. Untuk data berikut anda bisa pilih sesuai dengan catatan dibawah ini. Kemudian Klik Next.
cara setting vpn di laptop dan pc
Negara: Sweden
Internet Address : se.vpn.frootvpn.com
Destination Name: VPN Connect 

Negara: United Kingdom
Internet Address : uk.vpn.frootvpn.com
Destination Name: VPN Connect

Negara: United States of America
Internet Address : us.vpn.frootvpn.com
Destination Name: VPN Connect

Negara: Canada
Internet Address : ca.vpn.frootvpn.com
Destination Name: VPN Connect 

Negara: France
Internet Address : fr.vpn.frootvpn.com
Destination Name: VPN Connect
7. Selanjutnya isikan username dan pasword pada saat mendaftar frootvpn.com - klik remember this password - kosongi domain - lalu klik create.
cara setting vpn di pc
8. Selamat anda sudah setting VPN di windows anda. Selanjutnya muncul tampilan network connection - Pilih VPN Connect - klik Connect.
cara connect vpn di windows
9. Terakhir klik connect - tunggu kurang lebih 20 detik sampai status connecting. Cek layanan VPN anda berhasil atau tidak, bisa dengan cek alamat IP komputer di http://www.whatismyip.com
cara connect vpn di windows laptop
10. Jika sudah selesai, selamat anda bisa menggunakan layanan VPN anda.
cek ip address vpn
*Source image : http://www.akizaku.com/2016/09/cara-mudah-menggunakan-vpn-di-pclaptop.html
Demikianlah ulasan artikel tentang pengertian vpn, fungsi dan cara kerjanya lengkap dengan cara menggunakan VPN di laptop/PC. Semoga informasi ini bisa berguna untuk anda yang sedang mempelajari jaringan komputer, khususnya mengenai masalah VPN. Karena semakin pesatnya perkembangan internet mengharuskan kita untuk menjaga dan mengamankan data-data penting yang kita miliki. Terima kasih sudah berkunjung, jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan like agar kami bisa menulis lebih banyak lagi tentang teknologi masa kini.