Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Merawat Komputer Agar Tidak Lemot dan Rusak

Merawat Komputer - Komputer atau laptop yang setiap hari kita gunakan juga membutuhkan perawatan agar tidak lemot dan tidak rusak. Cara merawat komputer ini bisa dibilang susah-susah gampang, karena selain butuh kedisiplinan, juga harus melawan rasa malas. Komputer yang lemot biasanya ada masalah pada softwarenya, namun tidak menutup kemungkinan pada hardware nya juga. Jika kita tidak rajin melakukan perawatan terhadap hardware dan software, maka komputer kita bisa mengalami kerusakan.
Saya sendiri pernah mengalami kerusakan komputer restart sendiri. Setelah saya cek dengan seksama, ternyata RAM yang saya gunakan kuningan nya sudah kotor. Jadi, saya mencoba membersihkannya dengan penghapus karet. Dan kemudian saya pasang lagi pada soketnya, alhasil komputer saya sudah normal kembali. Nah, inilah mengapa saya menyarankan anda untuk merawat komputer yang anda miliki agar tidak rusak dan lemot.
cara merawat komputer

Inilah 10 Cara Merawat Komputer Agar Tidak Lemot dan Rusak

10 tips merawat komputer ini berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa sumber yang saya baca dan saya kira ini masih berguna sekali. Berikut ulasan tips dan caranya :

  1. Gunakanlah stabilizer dan UPS agar tegangan listrik stabil. Tegangan listrik yang tinggi dapat merusak perangkat keras komputer misalnya power supply.
  2. Jangan mematikan komputer dengan mencabut langsung colokan pada saat komputer sedang beroperasi. Matikan komputer sesuai dengan aturannya yakni klik start- shutdown- lalu tunggu komputer Sampai benar-benar Mati- kemudian Anda bisa mencabut colokan komputer.
  3. Hindari komputer dari sengatan matahari langsung.
  4. Hindari menaruh benda cair dekat dengan komputer.
  5. Hindari benda yang memiliki sifat magnet dekat dengan komputer, karena bisa merusak monitor dan perangkat keras CPU
  6. Bersihkan CPU dan perangkat keras lainnya secara berkala memakai kain halus, kuas cat kecil dan alat penyemprot udara. Misalnya power supply, heatsink, cool fan, RAM, dan motherboard.
  7. Gunakan antivirus lokal (baca : smadav terbaru) dan lakukan scanning secara berkala pada setiap drive komputer, misalnya setiap 1 minggu sekali.
  8. Lakukan pengecekan data secara berkala baik itu menghapus atau membackup data untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas pada setiap Drive komputer. Jika ada drive komputer yang hampir penuh, maka komputer jadi lemot.
  9. Gunakan aplikasi yang hanya diperlukan dalam membantu pekerjaan Anda. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan untuk meringankan beban memori RAM anda.
  10. Agar komputer awet, tidak lemot dan tidak mudah rusak, saya sendiri menggunakan Deep Freeze. Jadi, setelah saya instal semua aplikasi yang saya perlukan, kemudian menjalankan aplikasi Deep Freeze, dan melakukan frozen pada drive C.

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Lemot dan Rusak
Lakukan tips cara merawat komputer dengan baik dan benar agar komputer tetap awet dan tahan lama. Sendiri sudah menerapkan cara di atas, sehingga komputer saya tetap awet dan tahan lama. Biasanya jika komputer mulai lemot (baca : cara mengatasi komputer lemot) karena aktivitas multitasking, saya melakukan restart dan komputer kembali normal.
Demikianlah artikel mengenai 10 cara merawat komputer agar tidak lemot dan rusak. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala, paling tidak minimal 1 bulan dua kali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari info mengenai cara merawat komputer. Salama IT