Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian LAN Card dan Fungsinya Lengkap

Pengertian LAN Card dan Fungsinya Lengkap - update artikel kali ini masih mengulas tentang pengertian dan fungsi hardware yang ada pada komputer. Banyak sekali hardware yang ada pada komputer dan perlu kita pelajari seksama agar nantinya ketika ada masalah hardware kita bisa melakukan tindakan dengan segera. Sebelumnya, saya sudah mengulas mengenai pengertian sound card dan fungsinya lengkap, dan sekarang ini kita akan mengulas mengenai pengertian LAN card dan fungsinya lengkap.
LAN card atau dikenal dengan kartu jaringan merupakan salah satu perangkat komputer yang biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan antar komputer. Biasanya kalau di kampus dulu saya sendiri sering menggunakan LAN untuk bermain Dota 2 bersama sahabat-sahabat. Jadi, mungkin anda juga pernah menggunakan jaringan LAN untuk bermain game-game multiplayer.
pengertian lan card dan fungsinya lengkap
Gambar 1. Berbagai Macam LAN Card/NIC

Pengertian LAN Card (Network Interface Card (NIC) atau Ethernet Card atau kartu jaringan)

Pengertian LAN card adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer melalui jaringan komputer atau biasanya disebut LAN. Local Area Network atau LAN adalah jaringan komputer lokal atau terbatas yang hanya mencakup wilayah-wilayah tertentu atau terbatas contohnya suatu jaringan komputer di gazebo yang dibuat untuk maen game dota, jaringan komputer di kantor tata usaha sekolah atau kampus, di hotel, warnet dan berbagai tempat lainnya.
LAN card memiliki bentuk memanjang persegi panjang dan ada 1 port yang digunakan untuk mencolokkan kabel LAN. Memiliki bentuk socket pin kuningan emas yang digunakan untuk menancapkan pada motherboard.

Jenis LAN Card (Network Interface Card (NIC) atau Ethernet Card atau kartu jaringan)

jenis lan card lengkap
Gambar 2. Jenis LAN Card

Jenis LAN Card Berdasarkan Sifatnya

Jenis LAN card atau Network Interface Card (NIC) berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 2 yakni NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis.
1. LAN Card atau NIC yang Bersifat Fisik
NIC yang bersifat fisik ini pada umumnya LAN card yang biasanya bisa ditancapkan atau dipasang pada slot motherboard/mainboard komputer. LAN Card/kartu jaringan yang bisa dipasang pada motherboard ini bisa onboard atau eksternal. Secara onboard LAN card dipasang pada BUS PCI, MCA atau PCIE, sedangkan secara eksternal dipasang melalui port BUS USB, Pararel, PCMCIA, Serial, dan Express card sehingga lebih mudah digunakan bila aktifitas diluar.
2. LAN Card atau NIC yang Bersifat Logis
NIC yang bersifat logis pada umumnya NIC yang memiliki nomor alamat atau MAC Address yang bisa bersifat statis atau dinamis (dapat diubah oleh pengguna). Contoh NIC bersifat logis yakni Loop Back adapter, dialup adapter atau network adapter.

Jenis LAN Card Berdasarkan Pemasangannya

LAN card atau kartu jaringan seiring dengan perkembanga teknologi mengalami banyak perubahan. LAN card kabel merupakan salah satu model koneksi yang bisa dibilang paling lama dan sampai sekarang ini masih banyak digunakan diberbagai tempat khususnya di Indonesia. Koneksi LAN card menggunakan kabel ini memiliki keunggulan harga yang lebih ekonomis dan pemasangannya yang cukup mudah. Jenis LAN card berdasarkan pemasangannya yakni :
1. LAN Card ISA
lan card isa
LAN card ISA adalah jenis LAN card yang pertama kali ditemukan dan diproduksi oleh perusahaan IT terkemuka. LAN card ISA memiliki slot berwarna hitam dan output connector BNC atau RJ 45.
2. LAN Card PCI
lan card pci

LAN card PCI adalah jenis LAN card generasi penerus LAN card ISA yang diproduksi kisaran tahun 1992 bahkan sampai saat ini masih banyak digunakan yang pemasangannya langsung pada motherboard (onboard).
3. LAN Card USB
lan card usb
LAN card USB adalah jenis LAN card generasi terkini yang menjadi pengganti LAN card PCI, LAN card USB penggunaannya bisa lepas pasang, jadi jika diperlukan bisa dipasang, namun jika tidak diperlukan bisa dilepas.
4. LAN Card dengan Koneksi Wireless
lan card wireless
LAN card dengan koneksi wireless ini bisa digunakan tanpa memakai kabel dan ini biasanya penggunaanya melalui port USB wirelless.
5. LAN Card PCMCIA
lan card pcmcia
LAN card PCMCIA adalah kartu jaringan yang digunakan pada laptop dengan slot cardbus yang berada dalam laptop/notebook.

Fungsi LAN Card pada Umumnya

Fungsi LAN card pada umumnya ini sangat banyak, namun fungsi utamanya yakni menyambungkan jaringan koneksi antar komputer/PC atau laptop dalam satu tempat. Berikut ini fungsi LAN card pada umumnya :
1. LAN card berfungsi untuk bermain game multiplayer (sesama PC/laptop)
LAN card ini bisa digunakan untuk bermain game multiplayer seperti Dota 2 atau lainnya. Hanya butuh beberapa tahap untuk mensetting LAN atau local area network untuk digunakan bersama dengan sahabat anda.
2. LAN card berfungsi untuk komunikasi dalam satu area
LAN card ini bisa digunakan untuk sarana komunikasi atau chat bersama dalam satu local area. Hal ini sangat membantu kelancaran suatu perusahaan atau instansi dalam mempercepat komunikasi pelayanan untuk pekerjaannya.
3. LAN card berfungsi untuk membagi koneksi jaringan internet
LAN card ini mampu membagi koneksi jaringan internet dalam satu area menjadi beberapa bagian. Biasanya ini dilakukan untuk membagi jaringan internet yang untuk umum atau khusus. Semisal pada area kampus, jaringan internet pada kantor dosen atau dengan jaringan umum diluar kantor memiliki akses kecepatan internet yang berbeda. Hal biasanya di dalam kantor komputer dosen menggunakan kabel LAN untuk mengakses internet, sedangkan untuk area luar hanya menggunakan wifi.
4. LAN card berfungsi untuk membantu file sharing sesama jaringan
LAN card ini juga bisa membantu mengcopy file antar semasa komputer yang terhubung dengan jaringan LAN yang telah dibuat. Selain itu juga bisa membantu melakukan printing tanpa menggunakan kabel dan hanya memakai jaringan LAN saja.
5. LAN card berfungsi untuk jaringan internet pada warnet
LAN card bisa dimanfaatkan untuk membuat sistem jaringan internet, hal ini biasanya perlu bantuan ahli atau anda sendiri bisa mensetting server dan LAN untuk akses seluruh komputer warnet. Fungsi LAN disini sangat penting untuk mengaktifkan jaringan internet pada seluruh komputer dengan menggunakan 1 server saja.
Demikianlah ulasan artikel tentang pengertian LAN card dan fungsinya lengkap dengan berbagai jenisnya berdasarkan sifat dan cara pemasangannya. Semoga bisa membantu anda dalam belajar komputer khususnya tentang jaringan komputer. Terima kasih