Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VGA Card dan Fungsinya Lengkap

Pengertian VGA Card dan Fungsinya Lengkap - Update postingan kali ini masih mengenai tentang perangkat keras komputer, semoga nanti bisa bermanfaat. Sebelumnya kita uda mengulas mengenai fungsi lan card yang memiliki fungsi terutama untuk membuat jaringan antar komputer. LAN card ini biasanya bisa kita gunakan untuk bermain game multiplayer seperti DOTA 2. Game dota 2 ini memerlukan spesifikasi VGA card yang bagus agar grafis yang dihasilkan bisa maksimal. Nah, mungkin kita masih belum mengerti tentang apa vga card itu? dan apa fungsi vga card? oleh karena itu, kali ini kita akan mengulas tentang pengertian vga card dan fungsinya lengkap.
VGA card atau Virtual Graphics Array dikenal juga dengan sebutan video card, video adapter, display card, display card, graphics card, atau display adapter. Kartu VGA ini fungsi utamanya yakni untuk mengolah dan menerjemahkan output komputer/PC ke layar monitor. Jadi, jika layar monitor tidak keluar tampilan, bisa dipastikan salah satu penyebabnya adalah VGA card rusak atau pemesangan slotnya tidak tepat.
Kartu grafis atau Kartu VGA ini memiliki berbagai macam spesifikasi dan merk. Kalau kita hobi dengan gaming misalnya dota, desain grafis, maen game online, kita membutuhkan VGA card dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Beberapa pecinta game biasanya menggunakan VGA ATI atau Nvidia.
pengertian vga card dan fungsinya

Pengertian VGA Card dan Fungsinya Lengkap

Pengertian VGA Card

Pengertian VGA Card atau kartu grafis adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA card ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memory. Pada umumnya kartu grafis atau VGA card ini bisa dianggap sebagai komponen yang penting, dan juga bisa dianggap komponen yang tidak penting. Hal ini tergantung dari kebutuhan pengguna komputer masing-masing.
Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan langsung di motherboard (VGA card onboard), sehingga jika pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing, maka tidak perlu menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi. Namun, jika pengguna komputer menggunakannya untuk keperluan gaming dan grafis yang memerlukan tampilan grafis yang tinggi, maka wajib hukumnya menggunakan VGA Card ini, bisa pakai model ATI atau Nvidia.

Macam Macam Jenis VGA Card

Jenis VGA Card Berdasarkan Memori

Jenis VGA Card atau kartu VGA berdasarkan klasifikasi memori yang digunakan ini dibedakan menjadi beberapa jenis yakni :
1. Dynamic RAM (DRAM)
fungsi vga card dram
VGA Card DRAM ini biasanya digunakan oleh komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan pilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM ini biasanya 80ns/70ns yang ditanamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.
2. EDO RAM
fungsi VGA Card EDO RAM
VGA Card EDO RAM ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafik 64 bit. EDO RAM memiliki kecepatan 60ns-35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lain-lain.
3. SGRAM (VRAM)
fungsi vga card sgram
VGA Card Synchronous Graphic RAM (SGRAM) ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis berkelas tinggi, misalnya komputer untuk 3D accelerator. Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, sehingga banyak digunakan pada VGA Card misalnya Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro dan lain-lain.
4. RAMBUS
fungsi VGA Card RAMBUS
VGA Card RAMBUS ini biasanya digunakan pada mesin-mesin video game seperti Nitendo atau Sega. Jadi, kartu grafis ini hanya di produksi terbatas oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

Jenis VGA Card Berdasarkan Bentuk Fisiknya

Jenis VGA Card berdasarkan bentuk fisiknya ini terbagi menjadi beberapa jenis yakni :
1. VGA Card ISA (1981 ISA 8 bit, 1984 ISA 16 bit)
VGA Card ISA
VGA Card atau kartu VGA ISA ini merupakan jenis VGA Card lama yang pemasangan slotnya pada ekspandi ISA (Industry Standart Architecture) bus pada komputer yang menggunakan sistem 8 biat atau 16 bit. Kartu VGA jenis ini sudah tidak digunakan lagi pada zaman sekarang, karena VGA ISA ini dikenal memiliki kecepatan transfer data grafis yang lambat dan kombinasi warna yang terbatas.
2. VGA Card EISA (1988 EISA 32 bit)
VGA Card eISA
VGA Card atau kartu VGA EISA ini merupakan jenis VGA yang lama juga dengan pemasangan slot pada ekspansi EISA (Extended Industry Standart Architecture ) pada komputer 32 bit.  Kartu VGA ini sama dengan model VGA ISA sudah tidak pernah digunakan lagi karen kualitas transfer data, kehalusan gambar dan kombinasi warna yang kurang maksimal.
3. VGA Card PCI (1993 32 bit dan 64 bit)
VGA Card PCI
VGA Card atau kartu VGA PCI ini merupakan jenis VGA yang dipasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) bus pada komputer 32 bit dan 64 bit. VGA Card PCI sekarang ini mungkin sudah jarang digunakan, tapi kemungkinannya masih ada yang memakainya pada komputer pentium atau dual core.
4. VGA Card AGP
VGA Card AGP
VGA Card atau kartu VGA AGP ini merupakan jenis VGA card yang dipasang pada slot AGP (Accelerate Graphics Port) komputer 128 bit atau 256 bit. Kartu VGA AGP ini hanya bisa dipasangkan jika pada motherboard sudah ada slot AGP, sehingga VGA AGP ini bisa maksimal untuk meningkatkan transfer data grafis dari CPU ke monitor. Jenis VGA Card AGP berdasarkan nilai volatasenya :
  • AGP 1x dan AGP 2x : Tegangan 3,3 Volt
  • AGP 4x dan AGP 8x : Tegangan 1,5 Volt
  • AGP Universal
  • AGP Pro Universal : Tegangan 1,5 Volt dan 3,3 Volt
5. VGA Card PCIe (2004 PCIe)
VGA Card PCIe
VGA Card atau kartu VGA PCIe ini merupakan jenis VGA Card yang dipasangkan pasa slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) komputer yang berangkaian seri sistem I/O-nya (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x). VGA PCIe ini memiliki kecepatan transfer mencapai 32GB/s sehingga termasuk perangkat teknologi mutakhir yang dipasang untuk perangkat interface sekarang ini.

Fungsi VGA Card pada Komputer / PC

Fungsi VGA Card pada komputer yang utama adalah mengolah dan menerjemahkan data grafis atau sinyal digital pada komputer menuju layar monitor dalam bentuk tampilan grafik. Pada komputer standart terpadat VGA onboard yang hanya bisa membantu tampilan standart, namun jika anda pecinta game atau desain 3D, anda memerlukan VGA card dengan spesifikasi yang lebih unggu misalnya ATI atau Nvidia agar tampilan grafiknya lebih bagus (baca : laptop asus core i3 vga nvidia). Pada umumnya komputer yang memiliki VGA card yang memorinya besar bisa digunakan untuk :
fungsi vga card pada komputer
  1. Membuat tampilan grafik dalam bermain game seperti dota atau Game PC lainnya menjadi lebih jelas dan cepat.
  2. Membuat tampilan komputer lebih jernih, jelas dan tajam.
  3. Bisa melakukan setting pada Graphics option windows
  4. Membuat tampilan kombinasi warna, grafis, dan kecepatan transfer grafis menjadi lebih bagus.
Demikianlah ulasan artikel mengenai pengertian vga card dan fungsinya lengkap disertai dengan jenis-jenis VGA card. Saran saya bagi anda yang memiliki budget uang dan pecinta game atau desain 3D bisa membeli VGA card yang memiliki spesifikasi tinggi, pada umumnya bisa VGA Nvidia atau ATI serries. Penggunaan VGA Card ini memang terbukti bisa menampilan tampilan grafis yang lebih cepat dan nyata, namun anda harus membelinya jika ingin memiliki tampilan seperti itu. Semoga bermanfaat untuk belajar kompute anda dan terima kasih.