Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Access Point dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Access Point dan Fungsinya - Penggunaan internet di tempat-tempat nongkrong sekarang ini semakin banyak dan ramai. Dulu bisa dibilang akses internet banyak dipakai di kantor, mall atau perusahaan-perusahaan. Tapi zaman sekarang ini, di warung kopi pinggir jalan, cafe, atau bahkan taman pun difasilitasi jaringan internet. Pokoknya dimana ada tempat kumpul atau nongkrong anak muda, dipastikan pasti ada akses internet. Adanya akses internet di berbagai tempat pasti ada operator yang berperan untuk melakukan setting internet dan sebagainya. Nah, salah satu teknologi jaringan yang berperan yakni access point.
Apa itu access point? fungsinya untuk apa? dan berapa harga access point TP link yang bagus? Inilah yang akan kita pelajari sekarang. Nanti juga akan kami berikan rekomendasi harga access point yang bisa anda beli dan gunakan untuk membuat jaringan internet di tempat anda.

Pengertian Access Point dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Access Point dan Fungsinya serta Cara Setting Lengkap
Ilustrasi Access Point

Pengertian Access Point

Access point adalah suatu perangkat jaringan komputer yang dapat menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal memakai wifi, bluetooth, wireless, dan lain-lain. Biasanya access point menggunakan router, hub atau switch sebagai perangkat keras untuk menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal yang telah dibuat oleh administrator.
Pengertian Access Point
Ilustrasi Skema Hubungan Access Point, Router, Modem dan Komputer
Perangkat access point ini memiliki antena dan transceiver yang digunakan sebagai penerima dan penyebar sinyal untuk dihubungkan dengan peranti yang terhubung dengan access point. Untuk terhubung dengan access point, pemilik perangkat biasanya diharuskan untuk memasukkan password yang sudah dibuat oleh administrator jaringan atau pembuat access point.

Fungsi Access Point

fungsi access point
Fungsi Access Point
Secara umum fungsi access point adalah sebagai perantara lalu lintas data dari client (perangkat yang terhubung misal laptop, smartphone, komputer, PDA dll ) dengan jaringan lokal yang telah dibuat (wifi, wireless dll). Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
  1. Sebagai penyebar sinyal internet melalui gelombang radio kepada perangkat yang terhubung dengan access point.
  2. Sebagai penghubung antara jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel (wifi, wireless, bluetooth).
  3. Sebagai alat untuk mengatur IP Address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung ke access point, fungsi ini mirip dengan fungsi DHCP dynamic host configuration protocol .
  4. Sebagai pengaman dengan menerapkan fitur keamanan WEP atau WAP yang biasanya disebut Shared Key-Autenthication (akses wifi dengan password tertentu).

Harga Access Point TP-Link Terbaru

Setelah mengetahui tentang pengertian access point dan fungsinya, saatnya anda memilih perangkat access point yang nantinya anda gunakan baik itu dirumah, kantor, sekolah dan lain-lain. Berikut ini rekomendasi kami untuk access point TP-Link :

1. TP-LINK Wireless N Access Point [EAP110] - Rp. 495.000

TP-LINK Wireless N Access Point [EAP110]

2. TP-LINK Outdoor Wireless Access Point [CPE510] - Rp. 805.000

TP-LINK Outdoor Wireless Access Point [CPE510]

3. TP-LINK Wireless-N Access Point [TL-WA701ND] - Rp. 241.500

TP-LINK Wireless-N Access Point [TL-WA701ND]

4. TP-LINK Wireless-N Access Point [TL-WA801ND] - Rp. 298.000

TP-LINK Wireless-N Access Point [TL-WA801ND]

5. TP-LINK Wireless-N Access Point [TL-WA901ND] - Rp. 399.000

TP-LINK Wireless-N Access Point [TL-WA901ND]
Itulah rekomendasi kami jika anda ingin membeli access point TP-Link. Belinya dimana? Silahkan klik link ini 👉Beli Sekarang!!! Ada kelebihan dari masing-masing model dan tipenya, mulai dari desain yang simpel, kecepatan pemancaran dan penerimaan sinyal, keluasan wilayah pemancaran dsb.
Demikian artikel tentang pengertian access point dan fungsinya lengkap dengan rekomendasi access point tp-link. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, untuk cara setting access point, biasanya sudah ada panduannya pada buku pedoman saat beli perangkatnya. Terima kasih sudah berkunjung, silahkan share, like dan komentar ya,,,,Salam Tekno