Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang dengan Mudah

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang - WA atau WhatsApp merupakan sosial media yang bisa dibilang paling populer dikalangan masyarakat milenial sekarang ini. Terlebih dengan berbagai fitur yang ditawarkan bisa dikatakan sebanding dengan berbagai kebutuhan masyarakat di zaman ini. Mulai dari chatting, video call, kirim file, share lokasi, share foto dan lain-lain.
Pernah mengalami kontak WhatsApp hilang semua tanpa bekas? kalau kamu mengalami kondisi seperti ini sebenarnya kamu tidak perlu khawatir berlebih, pasalnya ada berbagai trik yang tepat dan mudah untuk mengembalikan kontak kontak yang hilang tersebut. Ingin tahu caranya? Mari ikuti panduan artikel dibawah ini.

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

1. Membersihkan Cache WhatsApp

Cara ini bisa anda pakai jika kontak di WhatsApp tiba-tiba menghilang dengan sendirinya. Untuk langkah - langkah menghapus cache WA sebagai berikut :
  • Tekan Setting - Pilih Application Manager - Pilih WhatsApp - Pilih Storage - Pilih Clear Cache
cara menghapus cache whatsapp
Setelah selesai, silahkan restart HP anda kemudian cek kontak-kontak yang ada di WhatsApp.

2. Mengaktifkan Fitur Permission

Mengaktifkan menu permission merupakan salah satu hal yang bisa mencegah hilangnya kontak secara tiba-tiba setelah di restart. Diawal menginstal WA biasanya akan muncul pop up terkait izin untuk mengakses kontak, nah selain itu lebih penting juga dengan mengaktifkan fitur permission contact di WA. Untuk langkah-langkah mengaktifkan menu permission di HP sebagai berikut :
  • Tekan Setting - Pilih Application Manager - Pilih WhatsApp - Pilih Permission - Nyalakan Contact
cara mengaktifkan fitur permission

3. Mengaktifkan Kontak di Akun Gmail

Kontak WhatsApp biasanya terintegrasi atau tersinkronisasi dengan akun Gmail yang ada di HP. Untuk mengaktifkannya kita perlu melakukan setting seperti gambar dibawah ini.
cara mengaktifkan kontak di gmail
Untuk memulihkan kontak yang hilang anda hanya perlu melakukan beberapa hal dibawah ini.
  • Pilih Kontak - Pilih Setting - Lalu pilih impor/ekspor - Pilih Ekspor - Kemudian Pilih Akun Gmail.
Setelah selesai, maka secara otomatis kontak-kontak yang sudah tersimpan di akun Gmail akan berada atau kembali muncul di HP.
cara memulihkan kontak di hp
3 Cara diatas ini bisa kalian coba, alternatif terakhir bagi anda yang masih kesulitan untuk mengembalikan nama kontak whatsapp yang hilang adalah dengan melakukan uninstal aplikasi WhatsApp. Namun, pastikan setelah melakukan uninstal anda melakukan instal ulang melalui aplikasi playstore.
Demikian ulasan artikel mengenai cara mengembalikan kontak WA yang hilang dengan mudah dan cepat. Dari sini mungkin cara mengatasi kontak WA hilang diatas sudah banyak diulas oleh beberapa penulis lainnya. Namun, tidak salahnya kita terus berinovasi memberikan informasi terbaik untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang kesulitan kehilangan kontak WhatsApp. Terima kasih