Minggu, 12 Agustus 2018

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop - Bagi sebagian besar orang yang bergelut di dunia IT khususnya operator, guru atau mahasiswa. Mengalami kejadian yang paling mengecewakan dan membuat hati kesal adalah kehilangan sebuah file penting yang berada di laptop. Baik itu kehilangan file akibat serangan virus, tak sengaja terhapus atau bahkan lupa menaruh filenya pada folder yang mana di laptop. Namun, jangan terlalu cemas, ada trik untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut.
File yang terhapus di laptop sebenarnya tidak secara langsung hilang apabila terhapus secara tidak sengaja ataupun disengaja. File tersebut hanya tersembunyi dan anda perlu cara untuk mengembalikannya seperti semula pada tempatnya. Dalam beberapa kondisi, anda bisa melakukan beberapa cara seperti di bawah ini :
  1. Cari di Folder Recycle Bin
  2. Gunakan Fitur Restore Previous Version Windows
  3. Gunakan Software Recovery
  4. Tips Menghindari File Hilang atau Terhapus di Laptop
cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

Cari di Folder Recycle Bin

Apabila file penting tersebut terhapus secara tidak sengaja ataupun sengaja melalui tombol "Delete" di keyboard atau dengan Klik Kanan kemudian pilih "Delete", maka file penting tersebut masuk ke dalam folder Recycle Bin.
Folder Recycle Bin adalah folder yang berisi file-file data yang berasal dari terhapus baik sengaja atau tidak disengaja oleh pengguna laptop. Recycle Bin biasanya terdapat di halaman dekstop laptop anda, sehingga mudah untuk menemukannya.
Cari di Folder Recycle Bin
Langkah - langkahnya : Buka folder Recycle Bin - Klik kiri 2 kali - Lalu cari file yang terhapus - kemudian Klik kanan - Pilih Restore.
Setelah melakukan langkah diatas, maka file data anda akan kembali ke lokasi dimana anda menyimpan file tersebut. Dalam beberapa kondisi, ketika anda secara tidak sengaja atau sengaja menghapus file penting, untuk mengembalikannya secara langsung cukup dengan Tekan CTRL+Z pada waktu setelah file tersebut terhapus.

Fitur Restore Previous Versions

Apabila sudah mencari di recycle bin tapi data file tersebut sudah terhapus, anda jangan cemas. Anda bisa mengembalikan file yang hilang menggunakan Restore Previous Version. Fitur ini adalah bawaan dari windows, sehingga sudah pasti bisa digunakan dilaptop anda. Hal yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa anda sudah mengaktifkan fitur restore previous versions.
Langkah-langkahnya : Klik Kanan My Computer - Pilih Properties - Pilih Advance System Setting - Pilih System Protection - Pilih Drive Misal C: - Pilih Configure - Pilih Restore system Settings and Previous Versions of files - Pilih OK - Lalu Restart laptop.
cara mengaktifkan restore previous versions
pilih restore previous versions
Jika sebelumnya sudah diaktifkan, maka anda tinggal menggunakan fitur tersebut. Berikut ini panduan mengembalikan file yang terhapus di laptop memakai Restore Previous Versions.
Langkah - langkahnya : Pilih folder dimana file penting tersebut terhapus - Klik kanan pilih “Restore Previous versions” - pilih tab “Previous versions” - Pilih File/folder terakhir yang ingin anda restore. Selanjutnya restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.
cara mengembalikan file yang terhapus dengan restore previous versions

Gunakan Software Recovery File

Apabila anda sudah melakukan 2 cara diatas, baik itu mencari di recycle bin maupun memakai fitur restore previous versions namun file tersebut belum bisa kembali. Maka cara terakhir yang bisa digunakan adalah menggunakan software recovery file. Ada banyak software yang disediakan oleh berbagai developer baik itu secara gratis maupun secara berbayar seperti di bawah ini :

  1. MiniTool Partition Recovery - https://www.partitionwizard.com/download/10.2.2/pw102-free.exe
  2. Recuva - https://www.ccleaner.com/recuva
  3. Wise Data Recovery - https://www.wisecleaner.com/wise-data-recovery.html
  4. PC Inspector File Recovery - https://pc-inspector-file-recovery.id.uptodown.com/windows

Tips Menghindari File Hilang atau Terhapus di Laptop

Kehilangan file penting membuat anda berfikir bagaimana cara untuk mengembalikan file yang hilang tersebut? Nah, daripada anda patah hati karena kehilangan file, sebaiknya anda ikuti tips untuk menghindari file hilang atau terhapus di laptop sebagai berikut.
  1. Back-Up File secara berkala di Hardisk eksternal atau Flashdisk.
  2. Memakai teknologi Cloud Computing untuk mengupload data ke server online.
  3. Aktifkan fitur Restore Previous Versions di laptop anda.
File di Flashdisk Hilang? Baca : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk
Demikian ulasan tentang cara mengembalikan file yang terhapus di laptop baik sengaja terhapus atau tidak sengaja ataupun terkena serangan virus. Jangan sampai kejadian file yang terhapus atau hilang terulang lagi di laptop anda. Lakukan pencegahan dengan mengikuti tips yang sudah ada diatas. Semoga file data anda segera pulih kembali, apabila masih gagal, silahkan mencari jasa recovery file secara online yang dekat dengan lokasi anda tinggal. Terima kasih