Minggu, 14 Agustus 2016

10 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet/Tahan Lama


Cara merawat baterai laptop - baterai merupakan komponen utama pada laptop yang berguna sebagai sumber catu daya. Daya pada baterai memiliki keterbatasan, biasanya dengan daya baterai 100%, laptop menyala 4 sampai 6 jam secara normal. Namun, jika melakukan aktivitas kinerja yang tinggi pada laptop sehingga memakan jumlah RAM yang besar dan kecepatan CPU yang tinggi, maka baterai hanya bisa bertahan 2 sampai 3 jam saja.
Baterai laptop juga memiliki masa pakai yang pada umumnya kita tahu yakni 2 sampai 4 tahun. Jika penggunaan laptop secara normal, maka pergantian baterai mungkin dilakukan di tahun ke 3 atau ke-5. Kerusakan pada baterai biasanya terjadi kebocoran yang mengakibatkan daya baterai tidak bisa bertahan normal dan cepat habis. Namun anda jangan khawatir, saya akan berbagi tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat habis (bocor) :
cara merawat baterai laptop

10 Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar

  1. Laptop baru biasanya baterai dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Charger dahulu baterai 4 sampai 8 jam hingga indikator lampu baterai menunjukkan warna hijau. 
  2. Gunakan baterai laptop jika disekitar anda tidak ada colokan listrik, namun jika ada colokan listrik, maka lepas baterai dan gunakan colokan listrik yang ada sebagai sumber catu daya laptop. Hal ini untuk menghindari suhu panas pada laptop, karena dapat mempersingkat umur baterai. 
  3. Jangan sampai indikator pada laptop menunjukkan daya baterai tersisa 0%. Hal ini dapat merusak komponen-komponen hardware pada laptop. Setting pengaturan pada baterai laptop untuk menunjukkan indikator jika daya baterai laptop tersisa 10%. 
  4. Jangan membiarkan charger tetap mencolok pada waktu baterai sudah terisi penuh 100%. Segera cabut colokan, karena hal itu dampak pada umur baterai. 
  5. Untuk menghemat daya baterai laptop, matikan wifi jika anda tidak sedang browsing. 
  6. Setting layar jangan terlalu terang, karena hal itu membuat daya baterai cepat habis. 
  7. Jika sedang menggunakan multimedia misalnya menonton film atau mendengarkan musik, setting untuk menggunakan headset. Karena penggunaan speaker dapat menyerap daya baterai lebih cepat. 
  8. Gunakan adaptor charger original untuk menghindari kebocoran daya baterai. 
  9. Charger baterai laptop dalam keadaan laptop mati atau tidak menyala. 
  10. Jangan colokan adaptor charger laptop pada terminal yang bercabang banyak. Hal ini untuk menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir pada laptop.
cara merawat baterai laptop agar awet


Tips merawat baterai laptop di atas berlaku untuk berbagai macam macam laptop misalnya Asus (baca : laptop asus core i5 murah), lenovo, HP, toshiba dan lain-lain. Cara ini bersifat umum dan bisa anda terapkan dengan baik dan benar pada laptop yang anda miliki.
Demikianlah artikel mengenai cara merawat baterai laptop agar awet dengan benar. Cara diatas juga saya lakukan untuk menjaga laptop yang saya miliki, sudah 3 tahun saya lakukan dan baterai laptop saya tetap awet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan bagikan informasi ini kepada teman-teman anda jika tips ini penting untuk dibagikan. Salam it