Senin, 31 Oktober 2016

Pengertian DNS Server dan Fungsinya Lengkap


Pengertian DNS server dan fungsinya - Dalam perkembangan dunia teknologi jaringan atau internet sekarang ini ada yang namanya Domain Name System disingkat DNS. DNS ini secara tidak langsung telah membantu banyak orang ketika mereka berselancar di internet baik itu untuk browsing, kirim email, web server, dsb yang menterjemahkan domain ke dalam IP address. Ibaratnya sebuah buku panduan telepon ketika kita mencari nama orang untuk menghubunginya, kemudian menemukan nomor telepon dan menekan nomornya baru tersambung ke orangnya. Jadi orang lebih mengenal nama yang akan dihubungi, baru telpon menterjemahkan nomor tadi menuju ke orang yang dihubungi.
DNS server ini berhubungan dengan alamat IP address yang pastinya juga berhubungan dengan DHCP server yang membantu membuat alamat IP secara otomatis (baca: pengertian dhcp dan fungsinya). Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu DNS server? Apa kegunaan dan fungsi dari DNS? mari kita kupas dibawah ini.
pengertian dns server dan fungsinya

Pengertian DNS Server (Domain Name System)

Apa itu DNS (Domain Name System)?

Menurut beberapa sumber yang kami rangkai adalah sebagai berikut :
1. Berdasarkan wikipedia indonesia DNS adalah :
Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
2. DNS adalah pendistribusian sistem database yang digunakan untuk mencari "nama" komputer pada jaringan internet yang memakai TCP/IP (penamaan komputer).
3. DNS adalah sebuah sistem jaringan yang digunakan untuk mengarahkan nama domain kepada alamat IP address. Berlaku sebaliknya juga dari alamat IP address ke domain.

Apa itu DNS Server?

DNS Server adalah sebuah sistem server yang menerima permintaan dari client untuk "mengetahui" alamat IP address yang dipakai oleh sebuah domain. Sebagai contohnya adalah domain google.com, dengan menggunakan tool online ipadress.com berhasil menemukan dan mengetahui IP address google yakni 172.217.21.206. Coba lihat gambar dibawah ini :
contoh ip address google,com
Contoh IP address google.com hasil dari pencarian di ipaddress.com

Kegunaan dan Fungsi DNS

Secara umum kegunaan dan fungsi DNS maupun DNS server ini sangat diperlukan pada sebuah jaringan internet. Untuk lebih jelasnya coba lihat penjelasan dibawah ini:
cara kerja dns server

Fungsi DNS Domain Name System


  1. DNS berfungsi untuk menerjemahkan hostname menjadi alamat IP address atau menerjemahkan alamat IP address menjadi hostname. Sebagai contohnya tadi hostname google.com dengan alamat ip address 172.217.21.206. Orang lebih suka mengetik google.com daripada ip addressnya pada bar search baik itu di mozila maupun chrome. Hal ini karena nama google.com lebih mudah diingat daripada angka ip address.
  2. DNS digunakan untuk mengetahui informasi secara lengkap mengenai sebuah hostname yang ada di internet baik itu alamat IP address, alamat lokasi server atau hostname, dan waktu yang digunakan.

Fungsi DNS Server

DNS Server berfungsi sebagai sebuah database server yang menyimpan alamat ip address yang digunakan untuk penamaan sebuah hostname. Jadi ketika kita mengetik google.com maka DNS server akan menerjemahkan ke alamat ip address dan menghubungkan ke google.com akhirnya tampil google.com pada layar pencarian.

Apakah Kta Bisa Membuat DNS Server?

Bisa. Jika anda menggunakan router atau modem untuk akses ke jaringan internet, maka anda bisa membuat DNS server sendiri. Setting pengaturan DNS server ini bisa anda lakukan pada internet protocol version 4 (TCP/IPv4) properties. Biasanya sebelum melakukan pengaturan anda perlu menemukan IP address dari LAN yang anda gunakan dan subnet mask.
Kita coba gunakan IP address 192.168.20.1 dan subnet mask 255.255.255.0
cara membuat dns server sendiri
Lalu klik advance -  pilih DNS - Klik Add - Ketikkan 192.168.20.1 - tampilan dibawah ini :
Setelah selesai klik OK.
Jika semua sudah dilakukan kita bisa melakukan testing pada laptop lainnya. Untuk melakukan testing kita juga harus setting laptop sama seperti langkah-langkah diatas yakni menggunakan IP address 192.168.20.1 subnet mask 255.255.255.0 gateway 192.168.20.1 DNS 192.168.20.1.
Setelah semuanya di setting, coba lakukan browsing di internet dengan mengetikkan google.com dsb. Jika muncul tampilan google.com dan yang lainnya, maka DNS bekerja dengan baik.
Nah, mungkin dirasa cukup untuk penjelasan mengenai pengertian DNS dan fungsinya lengkap serta beberapa panduan jaringan cara membuat DNS server sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda mengenai jaringan komputer. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.