Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 7 8 10 Dijamin 100% Work

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 7 8 10 - Firewall adalah suatu sistem perlindungan yang dirancang untuk mengontrol lalu lintas jaringan internet yang akan masuk ke dalam jaringan privat. Baik itu melacak, mengendalikan dan memutuskan apakah jaringan luar tersebut boleh lewat, ditolak bahkan dihilangan. Sekarang ini, firewall merupakan sistem keamanan yang tertanam dalam windows komputer maupun laptop, sehingga bisa diartikan firewall ini sistem keamanan bawaan dari windows selain nantinya anda pasang antivirus sebagai tambahan sistem keamanan komputer atau laptop anda.
Ibarat dalam dunia nyata, firewall sama dengan polisi yang sedang melakukan razia di jalan raya. Pengendara yang berjalan di arus lalu lintas yang sedang dalam keadaan razia, akan ditanya kelengkapan surat-surat kendaraan yang dikendarainya. Jika surat-surat yang ditunjukkan lengkap, maka pengendara boleh terus melanjutkan perjalanan ke tujuannya. Namun, jika pengendara itu tidak memiliki surat-surat yang lengkap, maka pengendara tersebut kena tilang. Itulah perumpamaan cara kerja firewall, nah untuk cara mengaktifkan firewall pada laptop atau komputer anda, silahkan disimak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 7 8 10 Dijamin 100% Work

Untuk cara mengaktifkan firewall pada windows 7, 8 dan 10 ini langkah-langkahnya hampir sama, cuma beda pada tampilan saja, namun istilah-istilahnya sama. Untuk itu, kami berikan panduan mengaktifkannya pada tiap sistem operasi windows.

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 7

1. Buka control panel - Pilih tampilan Small Icons - Klik Windows Firewall.
cara mengaktifkan firewall windows 7
Tampilan Control Panel menuju Windows Firewall
2. Muncul Tampilan Menu Windows Firewall - Klik Turn windows Firewall on or off.
firewall windows 7
3. Setting Firewall windows 7 - Pilih Turn on Windows Firewall - centang Notify me when Windows Firewall Blocks a new program - Lalu Klik OK.
setting firewall windows 7
Catatan :
5. Jika Anda ingin mengaktifkan firewall pada jaringan private home atau work (Private)
6. Jika Anda ingin mengaktifkan firewall pada jaringan public network
Dan firewall pada windows 7 sudah aktif. Selesai.

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 8 dan 8.1

1. Klik Windows pojok kiri bawah - Pada menu Search - Ketik Firewall - Lalu Pilih Windows Firewall.
cara mengaktifkan firewall windows 8
2. Tampilan Menu Windows Firewall - Klik Turn windows Firewall on or off.
firewall windows 8 dan 8.1
3. Nyalakan Firewall windows 7 - Pilih Turn on Windows Firewall - centang Notify me when Windows Firewall Blocks a new program - Lalu Klik OK.
setting firewall windows 8 dan 8.1

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 10

1. Klik Icon Search pada Taksbar - Ketik Firewall - Pilih Windows Firewall.
Cara Mengaktifkan Firewall Windows 10
2. Tampil Menu Windows Firewall - Klik Turn windows Firewall on or off.
3. Aktifkan firewall windows 10 - Pilih Turn on Windows Firewall - centang Notify me when Windows Firewall Blocks a new program - Lalu Klik OK.
cara setting firewall windows 10
Nah, mudah bukan untuk mengaktifkan firewall pada windows, dan pastinya dijamin work 100%. Firewall pada laptop atau komputer memiliki fungsi bukan hanya sebagai keamanan, namun juga sebagai "penindak" terhadap jaringan yang mencurigakan.
Baca Juga : Pengertian firewall, fungsi, cara kerja dan karakteristik
Setelah melakukan pengaktifan firewall di windows, anda juga bisa mematikan firewall melalui menu yang sama tinggal pilih Turn off windows firewall (not recommended) - Klik OK.
cara mematikan firewall windows 7 8 10
Namun, hal ini tidak direkomendasikan oleh windows karena akan berdampak pada melemahnya sistem keamanan dari jaringan luar yang tidak dipercaya.
Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengaktifkan firewall pada windows 7, 8 dan 10 secara detil dan lengkap. Untuk mematikan firewall pun saya rasa juga cukup mudah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin komputer atau laptopnya terhindar dari serangan spyware, spam dll dari jaringan luar yang tidak dipercaya. Terima kasih telah berkunjung, silahkan share, like dan komentar apabila ada yang perlu ditanyakan atau dibagikan kepada teman anda.