Senin, 15 Oktober 2018

Pengertian XAMPP dan Fungsi serta Bagian - Bagiannya Lengkap

Pengertian XAMPP dan fungsi serta bagian - bagiannya kali ini akan diulas di artikel kali ini. XAMPP itu apa? Mungkin istilah ini jarang dikenal oleh sebagian orang awam, namun bagi orang yang menekuni dunia web programming atau anak sekolah jurusan IT istilah ini menjadi sebuah hal yang biasa terdengar. Bagi pemula yang pertama kali belajar web programming, aplikasi XAMPP ini menjadi aplikasi pertama yang digunakan sebagai pembelajaran.
Fungsi XAMPP secara umum bisa diartikan sebagai sebuah server pribadi. Server pribadi ini bisa digunakan sebagai latihan bagi para siswa atau developer untuk melakukan demo sebuah karya hasil programmer. Oleh karena itu, aplikasi ini bisa dibilang wajib hukumnya bagi para siswa dan web developer untuk diinstal di laptop atau komputer guna menunjang kinerja mereka sehari-hari.
pengertian xampp dan fungsinya

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah perangkat lunak (software) bebas yang mendukung berbagai macam sistem operasi yang merupakan gabungan dari beberapa program. XAMPP dibuat oleh Tim Proyek Apache Friends yang berkolaborasi di dalamnya ada Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) dan Tim Pendukung (Support Team).
Asal istilah XAMPP merupakan sebuah akronim dari kata - kata yang mengandung arti sebagai berikut :
  • X = Aplikasi ini bisa dijalankan dan diinstal di berbagai sistem operasi (Operating System) seperti windows, linux, Mac OS serta Solaris.
  • A = Apache adalah aplikasi web server berupa halaman web yang berasal dari kode PHP yang dituliskan oleh developer.
  • M = MySQL adalah aplikasi database server yang dikenal sebagai SQL singkatan dari Structured Query Language yang digunakan untuk mengolah database baik itu menambahkan, mengubah, serta menghapus data di dalam database.
  • P = PHP adalah bahasa pemrograman web yang digunakan untuk membuat halaman web dinamis dan bersifat server-side-scripting. Sistem manajemen database yang digunakan PHP biasanya MySQL, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk PHP menggunakan database Oracle, Microsoft Access, Interbase, D-Base dan PostgreSQL.
  • P = Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk segala keperluan yang dikembangkan oleh Larry Wall pada mesin Unix. Perl ini tersedia pada berbagai macam sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDI dan PocketPC.

Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP adalah sebagai sebuah server lokal yang berdiri sendiri (disebut juga Localhost) yang terdiri dari program Apache HTTP Server, MySQL database, PHP dan Perl. Aplikasi XAMPP ini disediakan secara gratis alias GNU General Public License dan bebas anda dapat mendownloadnya melalui link dibawah ini.
Download for Windows : Disini Linux : Disini OS X : Disini
Dalam prakteknya XAMPP berfungsi sebagai sebuah "demo" dari tampilan halaman website yang pada akhirnya halaman web tersebut nantinya diluncurkan secara publik online. Ujicoba ini biasa dilakukan oleh developer pada localhost sebelum akhirnya nanti berada di server online.

Bagian - Bagian XAMPP

XAMPP yang merupakan sebuah web server local memiliki berbagai bagian yang tentunya sama dengan web server online seperti hosting. Ada 3 bagian yang mendukung kinerja developer dalam menjalankan XAMPP yakni Htdocs, PhpMyadmin dan Control Panel.
  1. Htdocs adalah sebuah folder yang digunakan sebagai tempat penyimpanan berkas seperti PHP, HTML, dan script lain yang digunakan dalam sebuah halaman website. Secara kapasitas penyimpanan, XAMPP tergantung dari seberapa besar kapasitas hardisk di laptop atau komputer anda. Sedangkan bila menggunakan hosting online, maka tergantung pilihan waktu membeli sebuah hosting.
    htdocs xampp
  2. phpMyadmin adalah sebuah tempat yang digunakan untuk mengelola database MySQL yang berada di komputer atau laptop. Untuk mengakses phpMyadmin yakni dengan membuka browser internet (Mozila atau chrome) lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyadmin maka akan muncul tampilannya.
    phpmyadmin xampp
  3. Control Panel adalah sebuah layanan untuk mengelola XAMPP baik itu mengontrol (start atau stop XAMPP) serta layanan service lainnya. Secara online di dalam hosting atau VPS dikenal CPanel
    control panel xampp
Demikianlah ulasan mengenai pengertian XAMPP dan fungsi serta bagian - bagiannya lengkap dengan penjelasannya. Dengan adanya XAMPP ini bagi seorang siswa atau developer situs bisa membuat sebuah demo atau simulasi sebuah karya yang nantinya akan dipublikasikan secara online hosting berbayar. XAMPP yang dapat di download gratis ini pun menjadi solusi terbaik untuk berkarya sebelum nantinya anda akan melakukan publikasi secara online dan membeli hosting. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang XAMPP.