Senin, 03 September 2018

Pengertian dan Jenis Jenis Topologi Jaringan Beserta Gambarnya Lengkap

Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer? Pengertian Topologi Jaringan adalah suatu konsep jaringan yang dibentuk dengan menghubungkan secara geometris beberapa atau banyak komputer menjadi jaringan yang saling terkoneksi satu sama lainnya. Dalam pembuatan topologi jaringan, ada banyak faktor yang membedakan seperti skala jaringan, biaya, tujuan, penggunaan serta kemudahan dalam maintance. Setiap jenis topologi jaringan memiliki kekurangan dan kelebihan dari berbagai segi faktor yang membedakannya. Jadi, apabila Anda ingin membuat sebuah topologi jaringan komputer, sebaiknya melakukan sebuah simulasi atau ilustrasi terhadap rancangan jaringan yang nantinya akan dibuat.
Dalam pembuatan rancangan topologi jaringan, sebelum Anda melangkah lebih jauh lagi. Anda perlu memahami beberapa jenis topologi jaringan komputer yang ada. Topologi jaringan yang dikenal pertama kali adalah topologi bus, namun seiring perkembangan zaman teknologi muncullah macam-macam jenis topologi lainnya, seperti topologi ring, star, dan mesh.

Jenis Jenis Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Bus

topologi bus
Konsep Topologi Bus
Apa yang dimaksud topologi Bus? Skema Topologi bus adalah membuat jaringan komputer tersusun rapi memakai satu kabel coaxial dan tiap komputer terhubung menuju kabel menggunakan conector BNC serta kedua ujung kabel coaxial berakhir oleh terminator.
  • Kelebihan topologi bus adalah tidak membutuhkan kabel begitu banyak dan panjang sehingga menghemat biaya pemasangan.
  • Kekurangan topologi bus adalah apabila ada gangguan pada satu komputer, maka bisa mengganggu jaringan komputer lain, sulit mendeteksi gangguan jaringan yang terjadi, berpotensi terjadinyan antrian data, bila jarak komputer satu dengan yang lain jauh maka diperlukan repeater.

2. Topologi Ring

topologi ring
Konsep Topologi Ring

Apa yang dimaksud topologi Ring? Skema topologi ring adalah membuat jaringan komputer dengan menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya sampai kembali ke komputer pertama menggunakan LAN card membentuk rangkaian melingkar atau disebut juga topologi cincin. Dalam proses kinerja, apabila komputer 1 mengirim file data ke komputer 4, maka data tersebut akan berjalan melewati komputer 2 dan 3 sebelum sampai di komputer 4. Secara spesifik, data tersebut pengirimannya akan dilanjutkan bila tidak sesuai dengan IP address tujuan.
  • Kelebihan topologi ring adalah proses pemasangan dan instalasi mudah, menggunakan sedikit kabel LAN sehingga hemat biaya.
  • Kekurangan topologi ring adalah apabila salah satu komputer atau kabel bermasalah, maka proses transfer pengiriman data akan terganggu/error.

3. Topologi Star

topologi star
Konsep Topologi Star

Apa yang dimaksud topologi jaringan star? Skema topologi star adalah membuat sebuah jaringan komputer dengan menghubungkan semua komputer ke perangkat Hub/Switch (Baca : Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer) menggunakan kabel UTP sehingga berbentuk seperti bintang. Hub/Switch berfungsi sebagai pengontrol lalu lintas data, sehingga apabila komputer 2 mengirimkan data ke komputer 5, maka data akan dikirim ke hub/switch kemudian dilanjutkan langsung ke komputer 5 tanpa melewati komputer lainnya. Bentuk topologi jaringan star sekarang ini banyak digunakan diberbagai wilayah perkantoran, kampus, warkop dan lainnya.
  • Kelebihan topologi star adalah mudah mendeteksi komputer yang sedang mengalami gangguan/error, mudah untuk menambah dan mengurangi perangkat komputer tanpa mengganggu komputer lainnya, tingkat proteksi/keamanan data lebih terjaga.
  • Kekurangan topologi star adalah diperlukan biaya tinggi untuk memasang model jaringan, membutuhkan kabel dan switch/hub, kestabilan jaringan tergantung pada terminal pusat sehingga bila hub/switch mengalami kerusakan maka seluruh komputer akan terdampak juga.

4. Topologi Mesh

topologi mesh
Konsep Topologi Mesh
Skema topologi mesh adalah membentuk jaringan komputer dengan menghubungkan secara langsung kabel tunggal komputer satu ke komputer lainnya secara menyeluruh sehingga saling terhubung langsung satu dengan yang lainnya. Hal ini mengakibatkan proses transfer data bisa lebih cepat karena langsung menuju ke komputer tujuan tanpa melalui komputer lain atau perangkat hub/switch (dedicated links).
  • Kelebihan topologi mesh adalah proses transfer data lebih cepat tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer ada gangguan, maka tidak berefek pada komputer lain secara kinerja.
  • Kekurangan topologi mesh adalah membutuhkan biaya yang tinggi untuk merangkai skema tersebut, membutuhkan kabel dalam jumlah banyak, setiap komputer harus memiliki port I/O (Baca : Pengertian Input dan Output dalam Komputer), proses instalasi membutuhkan kejelian karena bisa dibilang skemanya sangat rumit.

5. Topologi Tree

topologi tree
KonsepTopologi Tree
Skema topologi tree adalah membuat jaringan komputer dengan menghubungkan dan menggabungkan konsep topologi star dan topologi bus. Dalam setiap jaringan topologi star ke jaringan topologi star lainnya akan dihubungkan menggunakan topologi bus. Biasanya topologi jaringan star yang lebih tinggi dapat mengontrol topologi jaringan yang berada pada tingkatan yang lebih rendah.
  • Kelebihan topologi tree adalah kemudahan dalam menemukan gangguan jaringan dan perubahan jaringan apabila diperlukan.
  • Kekurangan topologi tree adalah memerlukan biaya tinggi karena beban kabel yang banyak serta kebutuhan hub/switch, bila terjadi gangguan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan dibawahnya akan terkena efek masalah gangguannya, sering terjadi tabrakan dan lambat dalam proses transfer data.
Dalam perkembangannya, banyak sekali model topologi jaringan yang berkembang dari model topologi jaringan yang ada. Pada intinya banyak yang melakukan kombinasi dari beberapa jenis topologi yang ada, sehingga kebutuhan akan sebuah jaringan komputer yang efisien, irit dan lancar terpenuhi. Berikut di bawah ini contoh pembuatan topologi jaringan star dari SMK Tunas Harapan Pati.
Demikian artikel mengenai pengertian dan jenis jenis topologi jaringan berserta gambarnya. Anda bisa mencoba memilih salah satu topologi sesusai kebutuhan dan ketersediaan perangkat anda. Ingat, pastikan dulu beberapa perangkat sudah siap dan Anda tinggal merakit sesuai dengan konsep topologi jaringan yang anda pilih.