Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Worksheet dan Workbook di Microsoft Excell Lengkap

Pengertian Worksheet dan Workbook - Dalam melakukan segala suatu pekerjaan di Micosoft Excell, kita sering melihat dan mendengar istilah sheet dan workbook. Secara tidak langsung, kita selalu mengerjakan berbagai laporan pekerjaan melalui sheet-sheet yang ada di dalam workbook. Namun, secara definisi apa itu worksheet dan apa itu workbook? Nah, kali ini kita akan bahasa 2 hal tersebut secara lengkap.
Microsoft excell adalah program aplikasi dari microsoft office yang memiliki berbagai fitur seperti kalkulasi, pembuatan grafik, dll serta aplikasi paling populer yang dipakai oleh berbagai komputer atau laptop sekarang ini selain microsoft word. Dalam pekerjaan pembuatan data dan kalkulasi, microsoft excell ini sangat membantu karena memiliki fitur sheet dan workbook yang bisa digunakan secara multitasking. Worksheet dan workbook itu apa? Yuk simak ulasan dibawah ini.
pengertian worksheet dan workbook

Pengertian Worksheet

Worksheet atau sheet adalah lembar kerja yang berisi sel - sel yang terdiri dari kolom (Column) dan baris (Row) yang ditampilkan dalam sebuah workbook di aplikasi microsoft excell. Dalam sebuah worksheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris yang bisa digunakan untuk mengolah data, membuat formula, grafik dan lain-lain.
jumlah baris dan kolom dalam 1 worksheet
Sheet atau worksheet ini secara default / standar ketika pertama kali membuka microsoft excell disediakan 3 sheet. Dari 3 sheet tersebut anda bisa mengolah dengan menambah atau mengurangi sheet yang ada dengan minimal sheet 1 dalam setiap workbook.
mengolah worksheet
Fitur klik kanan yang muncul pada setiap sheet
Untuk menampilkan menu tersebut, silahkan arahkan kursor menuju salah satu sheet, lalu klik kanan maka akan muncul tampilan seperti di atas.
  • Menu insert digunakan untuk menambah worksheet atau sheet, 
  • Delete digunakan untuk menghapus sheet,
  • Rename digunakan untuk memberi nama pada setiap sheet
  • Move or Copy digunakan untuk memindahkan atau mengkopi sheet dalam 1 workbook atau workbook lainnya
  • View Code digunakan untuk microsoft visual basic
  • Protect Sheet digunakan untuk memberikan password pada setiap sheet sebagai keamanan
  • Tab Color digunakan untuk mewarnai sheet sesuai keinginan
  • Hide digunakan untuk menyembunyikan sheet
  • Unhide digunakan untuk menampilkan sheet yang disembunyikan
  • Select All Sheets digunakan untuk memilih seluruh sheet yang ada.

Pengertian Workbook

Workbook adalah sebuah format standart dari microsoft excell yang terdiri dari 1 atau lebih worksheet. Apabila dianalogikan, workbook merupakan sebuah buku dan worksheet merupakan lembar - lembar kertas yang ada di dalam buku. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ketika anda bekerja pertama kali menggunakan microsoft excell, maka yang terbuka adalah sebuah workbook yang di dalam workbook tersebut ada beberapa worksheet yang digunakan sebagai tempat untuk mengolah data, grafik dan sebagainya.
Dari sini anda mungkin sudah memiliki pandangan mengenai apa itu worksheet dan apa itu workbook. Semoga artikel ini bisa memberikan pandangan kepada anda terkait pengertian worksheet dan workbook.