Jumat, 09 September 2016

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya


Penyebab laptop cepat panas dan overheat - Overheat atau panas pada laptop merupakan salah satu penyebab yang membuat laptop cepat aus atau berumur pendek, terutama hardware di dalamnya. Laptop meski memiliki kipas sebagai pendingin dan pengatur sirkulasi udara terkadang masih overheat dikarenakan kelalaian kita sendiri dalam melakukan perawatan maupun pemakaian laptop. Panas pada laptop yang berlebih mampu membuat kinerja laptop terganggu, biasanya yang paling sering terjadi masalah hang atau not responding.
Laptop yang cepat panas dan overheat biasanya memiliki ciri yang mudah dirasakan, biasanya jika laptop digunakan 2-3 jam, maka bagian bawah laptop sudah terasa panas, melebihi batas normal. Hal ini menyebabkan laptop akan mati sendiri karena di dalam pengaturan BIOS, jika suhu laptop melebihi batas yang telah di setting, maka laptop otomatis akan mati sendiri, hal ini dilakukan untuk melindungi hardware dari efek panasnya laptop.
Perawatan laptop : 
cara membersihkan keyboard dan membersihkan layar lcd laptop 
Berbeda dengan komputer PC yang memiliki ruang sirkulasi udara lebih luas, laptop maupun notebook di desain dengan model yang tipis dan slim sehingga ruang sirkulasi udara lebih sempit dan minim. Komputer PC pun biasanya masih dipasang kipas double untuk membantu sirkulasi udara, karena biasanya penggunaan komputer lebih lama, bisa 4-6 jam, sehingga bagi yang bekerja lama di IT, disarankan menggunakan komputer saja.
penyebab laptop cepat panas dan overheat
Berikut ini akan saya ulas mengenai penyebab laptop cepat panas dan overheat lebih detil berdasarkan pengalaman sendiri dan informasi yang beredar di internet sebagai tambahan referensi. Karena kita tahu banyak sekali pengalaman pengguna laptop yang mengeluhkan kenapa koq laptop mereka cepat panas? Mungkin salah satu dibawah ini bisa menjadi penyebab laptop anda yang cepat panas atau overheat.

Inilah 5 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Overheat

Penyebab Laptop Cepat Panas Karena Durasi Pemakaian Terlalu Lama

penyebab laptop cepat panas karena bermain game
Penggunaan laptop yang terlalu lama bisa memicu laptop overheat, apalagi laptop digunakan untuk main game, mendesain, atau multitasking yang banyak. Jika memang berniat menggunakannya dalam waktu nyala yang lama, maka persiapkan cooling pad atau gunakan di tempat terbuka agar sirkulasi udara luar mampu mendinginkan laptop.

Penyebab Laptop Cepat Panas Karena Peletakan Laptop yang Salah

penyebab laptop cepat panas karena salat tempat
Peletakan laptop yang salah ini kebanyakan terjadi di kalangan mahasiswa maupun siswa. Terkadang mereka yang tidak tahu cara yang benar merawat laptop, menggunakan laptop disembarang tempat, misalnya di atas bantal, diatas kasur dll. Intinya, jika anda menggunakan laptop dalam keadaan santai, pastikan tatakan laptop anda keras, misalnya meja belajar kecil terbuat dari kayu, atau meja laptop yang sekarang ini sudah banyak diperjualbelikan di toko online, diatas lantai keramik rumah dsb. Hindari penggunaan tatakan dari bahan yang mampu menghambat sirkulasi udara laptop sehingga mampu menyebabkan laptop cepat panas atau overheat.

Penyebab Laptop Cepat Panas Karena Kipas Tidak Berfungsi Normal

penyebab laptop cepat panas karena kipas mati
Kipas di dalam laptop yang tidak berputar/berfungsi sebagai mana mestinya menjadi penyebab laptop cepat panas. Sering kali hal ini diabaikan oleh sebagaian besar pengguna karena laptop terlihat masih berjalan normal, namun selang beberapa waktu, hal itu akan berdampak pada hardware dan kinerja laptop. Gejala yang muncul biasanya sering hang atau bahkan mati sendiri (baca: Komputer sering mati sendiri ). Kipas yang tidak berfungsi normal itu harus diperbaiki, minimal lakukan pembersihan. Karena jika tidak segera dilakukan perbaikan atau pembersihan dari debu kotoran, maka kipas tidak bisa mengatur sirkulasi udara panas yang ada di dalam laptop sebagai mana mestinya.

Penyebab Laptop Cepat Panas Karena Thermal Paste Mengering

penyebab laptop cepat panas karena thermal paste kering
Thermal paste biasanya terdapat diatas procesor yang berfungsi untuk mengurangi hawa panas yang dihasilkan oleh procesor. Thermal paste ini juga memiliki umur sebagaimana pelumas pada umumnya, semakin lama penggunaan laptop, maka semakin berkurang juga kinerja thermal paste (baca:Mengering). Kasus ini banyak terjadi pada laptop yang sudah berusia 3-4 tahun, jadi membutuhkan perbaikan/penggantian pada thermal paste untuk mengatasinya.

Penyebab Laptop Cepat Panas Karena Ventilasi Udara Tersumbat

penyebab laptop cepat panas karena ventilasi udara tersumbat
Ventilasi udara dimiliki oleh setiap laptop sebagai jalan untuk keluar masuknya udara yang dialirkan oleh kipas. Ventilasi udara ini bermacam-macam lokasinya, ada yang dibawah laptop, ada yang disamping, ada yang berada di samping depan dll. Jika ventilasi udara ini terganggu baik oleh debu ataupun benda seperti tatakan bantal atau karpet, maka laptop akan cepat panas. Jika ventilasi ini tertutup oleh debu, maka segera lakukan pembersihkan.
Nah, itulah ulasan penyebab laptop cepat panas dan overheat, mungkin dari ke-5 hal di atas salah satunya menjadi penyebab laptop anda cepat panas. Jadi, saya sarankan sebisa mungkin untuk merawat dan menggunakan laptop dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, ulasan artikel lanjutannya yakni mengenai cara mengatasi laptop cepat panas akan saya ulas lebih dalam. Tunggu update artikel tips laptop yang paling dicari lainnya di blog ini. Terima kasih