Minggu, 02 Oktober 2016

Pengertian Input dan Output Pada Komputer Lengkap


Pengertian input dan output - Dalam dunia teknologi komputer ada istilah input dan output yang sering terdengar ditelinga kita. Input dan output atau dikenal dengan lambang I/O ini termasuk bagian sistem mikroprosesor yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat luar, misalnya keyboard, mouse, printer, monitor, dll. Namun, apakah kita sudah mengetahui apa pengertian input dan output pada komputer? Mari kita ulas mengenai pengertian/definisinya secara mendalam.
Sebelumnya, komputer ini tidak bisa berjalan/digunakan dengan semestinya jika tidak ada alat atau perangkat luar seperti monitor, keyboard, mouse dan lain-lain. Tiap perangkat ini pasti dibutuhkan untuk membantu pekerjaan kita. Oleh karena itu, komputer memiliki sebuah sistem untuk mengenali perangkat-perangkat yang masuk dan keluar dari dalamnya. Sehingga hal ini bisa membantu pengguna untuk melakukan aktifitas multitasking dan mentransfer data secara lancar. Tanpa adanya perangkat luar tersebut, komputer ini hanya sebuah mesin yang tidak bisa digunakan untuk apa-apa.

Pengertian Input dan Output Pada Komputer

pengertian input dan output
Gambar 1. Perangkat Input Device dan Output Device

Pengertian Input pada Komputer

Pengertian input adalah (masukkan) unit/perangkat luar yang dipasang sesuai dengan slot atau portnya masing-masing untuk memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam mikroprosesor untuk di proses dan diterjemahkan secara digital.
Perangkat input yang biasanya memberi masukkan pada komputer seperti mouse dan keyboard. Dengan adanya sistem input pada komputer ini membantu kita untuk melakukan pengetikan dan menggerakkan kursor dengan lancar.

Pengertian Output pada Komputer

Pengertian output adalah (keluaran) unit/perangkat luar yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari mikroprosesor komputer. Perangkat luar yang menangkap output dari sistem mikroprosesor ini misalnya data digital yang ditampilkan pada layar monitor, atau data script yang dicetak pada printer dan sebagainya.

Fungsi Input Devide dan Output Device

pengertian input device pada komputer
Gambar 2. Perangkat Input Device
Fungsi input device pada komputer adalah untuk menerima masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju mikroprosesor dan diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Data input device yang masuk ke mikroprosesor bisa berupa data signal input atau data maintance input. Signal input berupa data yang masuk ke mikroprosesor dan maintance input berupa program yang dipakai untuk menerjemahkan data signal input. Contoh perangkat input device atau unit input device adalah keyboard, mouse, scanner, webcam, microphone, CD, hardisk dan lain-lain.
pengertian output device
Gambar 3. Perangkat Output Device
Fungsi output device pada komputer adalah untuk menerima keluaran data dari mikroprosesor CPU komputer yang telah diterjemahkan sehingga dapat berupa gambar, tulisan, suara dan sebagainya. Contoh perangkat output device yang biasanya digunakan untuk menerima hasil olahan komputer seperti printer, monitor, speaker, dan sebagainya.
pengertian mikroprosesor
Gambar 4. Mikroprosesor
Sedikit kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan pengertian input dan output pada komputer ini adalah keduanya saling terikat dan tidak terlepaskan. Input dan Output (I/O) adalah suatu kesatuan sistem yang ada pada komputer, alat yang paling penting dalam membantu proses input dan output ini adalah mikroprosesor. Mikroprosesor merupakan central processing unit (CPU) yang dibuat dari transistor mini dan kumpulan sirkuit yang terintegrasi semikonduktor. Dengan bantuan alat ini, proses input device dan output device dapat terlaksana dengan lancar.
Demikian ulasan artikel mengenai istilah pengertian input dan output pada komputer. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai tentang sistem kerja sebuah komputer baik itu dalam input maupun output. Semua dikendalikan hanya melalui sebuah CPU yang terwakili oleh mikroprosesor. Terima kasih.