Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Komputer dengan Benar Tanpa Ribet

Cara mematikan komputer dengan benar ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja. Kenapa kita harus mematikan atau shutdown komputer dengan benar? karena jika kita memakai metode yang salah akan berakibat pada rusaknya hardware dan software komputer itu sendiri. Anda tidak inginkan komputer yang menemani anda bekerja dan beraktifitas rusak hanya gara-gara kebiasaan mematikan komputer dengan cara tidak tepat. Maka dari itu, anda bisa mencoba mengikuti caranya sesuai dengan prosedur yang akan dijelaskan dibawah ini.
Cara mematikan komputer ini disebut juga dengan shutdown, jika komputer sudah dishutdown, maka bisa dipastikan komputer tersebut sudah mati. Komputer itu memiliki 3 pilihan menu untuk mobilisasi pengguna, yang pertama sleep atau log off, biasanya komputer akan stanby dengan kondisi layar mati, namun CPU masih tetap hidup. Kedua, restart, biasanya digunakan untuk mengulang atau mereboot sistem, hal ini dilakukan untuk pembaruan sistem setelah instal aplikasi dan lain-lain. Ketiga, shutdown, biasanya digunakan oleh pengguna ketika mereka akan mengakhiri aktifitas bekerja dan mematikan komputer.
Mematikan PC tidak sama seperti mematikan perangkat elektronik lainnya semisal TV, AC, dll. Hal ini dikarenakan PC memiliki otak atau prosesor dan memory penyimpanan (hardisk). Jika anda men-shutdown komputer dengan cara yang salah, maka akibatnya akan berdampak pada hardisk anda yang memungkinkan akan mengalami kerusakan bahkan kehilangan data - data penting. Mau seperti itu? Tidak mau kan. Jadi, bagaimana cara mematikan PC yang benar? Berikut ini langkah langkah prosedur yang seharusnya anda lakukan dalam shutdown komputer/PC.
cara mematikan komputer dengan benar

Inilah Cara Mematikan Komputer dengan Benar Sesuai Prosedur

Tips ini bisa dipakai untuk komputer windows XP, Vista, 7, 8, dan 10 yang membedakan hanya interface saja. Berikut ini teks prosedur cara mematikan komputer :

A. Cara Mematikan Komputer dengan Mouse

Cara mematikan komputer dengan mouse inilah yang paling sering digunakan orang. Cara ini bisa dibilang cara umum yang bisa dengan mudah dipelajari seseorang. 
Lengkah 1. Pastikan semua aplikasi yang berjalan sudah di close (x) sebelum komputer di-shutdown. Misal anda membuka microsoft office, simpan (save/save as) pekerjaan anda lalu close (x) atau exit.
Langkah 2. Klik Start pada taskbar di pojok kiri bawah.
Windows XP : Klik Start - Klik Turn Off Computer.
turn off komputer windows 7
Windows 7 : Klik Start Windows - Pilih Shutdown.
shutdown komputer windows 7
Windows 8 : Klik Start Windows - Geser Mouse ke Kanan - Klik Power - Klik Shutdown.
mematikan komputer windows 8
Windows 10 : Klik Start Windows - Klik Power - Klik Shutdown.
cara mematikan komputer windows 10

Langkah 3. Lalu pilih Shutdown (Windows 7, 8, 10)atau Turn Off Computer (Windows XP, Vista).
Langkah 4. Tunggu beberapa detik sampai lampu indikator power sudah mati.
Langkah 5. Matikan stabilizer dengan menekan tombol OFF.
matikan stavolt komputer

Langkah 6. Kemudian cabut colokan komputer dari stop kontak. Hal ini lebih baik dilakukan untuk menghindari terjadinya konsleting listrik pada waktu hujan petir dan untuk menghemat biaya listrik.

B. Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard

Cara mematikan komputer dengan keyboard ini juga termasuk cara yang benar untuk shutdown komputer. Trik ini lebih simpel dan lebih cepat, sama seperti artikel yang sudah kami buat untuk laptop, silahkan baca disini - Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard. Namun pastikan dulu seluruh pekerjaan anda sudah anda save sebelum melakukan shutdown.
Langkah 1. Pastikan Anda berada pada Dekstop - Lalu Tekan Alt+F4 (Tekan Alt dulu, lalu F4) pada keyboard.
cara mematikan komputer dengan keyboard
Langkah 2. Pilih Turn Off (windows XP) atau Shutdown (windows 7, 8, 10).
Langkah 3. Klik OK - Tunggu sampai komputer benar-benar sudah mati. Selesai
Langkah 4. Kemudian matikan stavol dengan menekan tombol OFF.
matikan stavolt komputer
Langkah 5. Lepas colokan dari stop kontak.

C. Cara Mematikan Komputer dengan CMD

Cara mematikan komputer dengan CMD ini juga termasuk salah satu cara yang benar untuk shutdown komputer. Namun, anda jangan lupa untuk melakukan penyimpanan terlebih dahulu pekerjaan-pekerjaan anda sebelum mematikan komputer.
Langkah 1. Pada dekstop tekan tombol Windows+R (untuk menjalankan program RUN) - lalu ketik cmd - klik OK atau tekan Enter.
Langkah 2. Ketik shutdown -s
cara mematikan komputer dengan cmd
Langkah 3. Tekan Enter. Komputer akan otomatis mati setelah beberapa detik.
Langkah 4. Lalum atikan stavol dengan menekan tombol OFF.
matikan stavolt komputer
Langkah 5. Selesai, lepas colokan dari stok kontak.
Dari ketiga cara diatas anda bisa memilih salah satu cara dan lakukan sesuai prosedur petunjuk yang benar. Cara pertama dan kedua bisa dibilang cara manual, cara ketika ini bisa disebut cara mematikan komputer otomatis karena hanya mengerikkan beberapa kode lalu komputer akan mati dengan sendirinya. Cara mematikan komputer lewat CMD (command prompt) ini bisa disetting waktu dan model peringatan sebelum komputer shutdown otomatis. Untuk lebih jelas dan detilnya bisa anda baca pada artikel saya sebelumnya di cara mematikan laptop dengan cmd.
Demikian artikel panduan cara mematikan komputer dengan benar sesuai prosedur. Jangan lupa sebelum mematikan komputer lakukan penyimpanan (save) hasil kerja anda, jika anda langsung mematikan tanpa melakukan penyimpanan, maka akan muncul notifikasi force shutdown. Hal ini akan memaksa sistem untuk mematikan program secara paksa dan data hasil kerja anda tidak akan tersimpan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda, silahkan share, like dan komentar apabila artikel ini berguna untuk anda. Terima kasih