Jumat, 17 November 2017

Cara Mematikan Laptop dengan CMD Tanpa Ribet

Cara mematikan laptop dengan CMD ini merupakan alternatif lain untuk mematikan laptop selain menggunakan shutdown. Bagi banyak orang mematikan komputer umumnya melalui shutdown, namun kali ini anda bisa mencoba mematikan laptop menggunakan CMD. Apa itu CMD? CMD atau command prompt adalah suatu program windows yang bisa digunakan untuk melakukan perintah - perintah terhadap laptop dengan sebuah tulisan atau kode.
Maksud dari mematikan laptop lewat CMD ini berarti kita melakukan setting dengan menuliskan perintah kedalam program CMD, lalu program CMD meneruskan ke sistem windows. Kemudian sistem windows melaksanakan perintah yang telah diberikan oleh CMD. Secara teori memang sedikit membingungkan, namun secara aplikasi hal ini mudah dilakukan dan dijamin berhasil 100%.
cara mematikan laptop dengan cmd
Pada panduan sebelumnya telah dibahas mengenai cara mematikan laptop dengan keyboard, hal ini lebih simpel dan lebih cepat. Namun, tidak salahnya juga anda mempelajari trik mematikan laptop dengan CMD juga, karena setiap trik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Shutdown laptop memalui CMD ini memiliki kelebihan dalam hal set waktu (setting timer) dan set peringatan (setting warning). Untuk lebih jelasnya ikuti panduan dibawah ini.

Cara Mematikan Laptop dengan CMD Tanpa Ribet

Langkah 1. Tekan Windows+R (untuk menjalankan program RUN) berlaku untuk semua windows baik itu windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10. Lalu ketik cmd - klik OK.
cara membuka program cmd di laptop
Tampilan Program Run Windows 10
Langkah 2. Ketik shutdown -s lalu tekan enter.
Ketik shutdown -s
Langkah 3. Tampilan peringatan windows akan segera shutdown/mati.
peringatan windows akan segera shutdown
Peringatan sebelum shutdown
Jika anda shutdown laptop lewat CMD ini, seluruh program yang sedang berjalan akan otomatis close juga. Bisa dikatakan cara ini memaksa windows untuk mematikan seluruh aktifitas kita di laptop. Cara ini cepat dan simpel sama seperti mematikan laptop melalui keyboard.

Cara Mematikan Laptop dengan Timer melalui CMD

Langkah 1. Tekan Windows+R - lalu ketik cmd - klik OK
Langkah 2. Ketik shutdown -s -t 60 lalu tekan enter.
cara mematikan laptop dengan waktu pada cmd
Ketik shutdown -s -t 60
Dari perintah tersebut windows akan diperintahkan untuk mematikan laptop dalam waktu 60 detik setelah perintah itu dibuat. Hal ini bisa memberikan waktu luang bagi anda selama 60 detik untuk melakukan aktifitas, misalnya menyimpan data, file atau menutup aplikasi. Selain menambahkan timer atau waktu, anda juga bisa menambahkan peringatan sebelum laptop akan shutdown. Berikut ini perintah yang bisa anda ketikkan pada command prompt.

Cara Mematikan Laptop dengan Timer dan Peringatan Pesan melalui CMD

Langkah 1. Tekan Windows+R - lalu ketik cmd - klik OK
Langkah 2. Ketik shutdown -s -t 60 -c “Laptop Akan Shutdown Bro...”Lalu tekan enter
cara mematikan laptop dengan peringatan dan timer
Ketik shutdown -s -t 60 -c "Laptop Akan Shutdown Bro"
Langkah 3. Tampilan setelah klik enter muncul You're about to be signed out - Laptop Akan Shutdown Bro.
laptop shutdown
Nah itulah beragam cara untuk mematikan laptop memakai CMD (command Prompt), anda bisa melakukan variasi dengan menambah waktu (timer) dan peringatan pesan. Anda bisa mengkombinasikan kata perintah diatas untuk anda ketikkan pada program CMD. Jika anda ingin membatalkan atau tidak jadi mematikan laptop setelah di setting timer, maka anda hanya perlu membuka program CMD lagi lalu mengetikkan perintah sebagai berikut : shutdown -a - lalu tekan enter. Melalui perintah tersebut, maka secara otomatis windows tidak akan shutdown. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
cara membatalkan mematikan laptop dengan cmd
Ketik shutdown -a
Anda wajib mengetahui perintah-perintah untuk shutdown melalui CMD ini, penjelasannya sebagai berikut :
shutdown : perintah utama yang harus ditulis dalam baris perintah shutdown di CMD
-s : perintah untuk shutdown komputer.
-r : perintah untuk restart komputer.
-l : perintah untuk log off komputer.
-t : mengatur waktu (detik) shutdown atau restart komputer.
-c : menampikan pesan atau informasi sebelum komputer shutdown atau restart.
-a : perintah untuk membatalkan shutdown atau restart komputer yang telah dijadwalkan sebelumnya.
Demikian informasi dan trik cara mematikan laptop dengan CMD ini diulas lengkap beserta gambar dan penjelasannya. Trik ini 100% working pada seluruh merk laptop yang berbasis sistem operasi windows. Silahkan anda coba, jika berhasil anda bisa share, like dan kometar artikel ini. Jangan lupa, jika anda melakukan perintah mematikan laptop atau komputer melalui CMD tanpa setting waktu (timer) maka laptop anda akan langsung mati/shutdown. Semoga panduan ini bermanfaat untuk anda dan terima kasih sudah berkunjung. 😊